post image
KOMENTAR
Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Gatot Pujo Nugroho, menyatakan Kabupaten Batubara merupakan salah satu wilayah strategis di Indonesia.

Hal itu dikatakan Gatot, dalam rangka peringatan hari jadi ke-6 kabupaten tersebut yang jatuh pada Sabtu (8/12/2012).

Kepada medanbagus.com, Minggu (9/12/2012), Gatot, menyatakan usia enam tahun, Kabupaten Batubara bakal menjadi salah satu daerah yang paling strategis di tanah air. Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara, akan menjadi faktor penarik sektor ekonomi, yang dapat mendorong perkembangan kemajuan wilayah bagian Barat Indonesia tersebut.

Dipaparkannya, Pelabuhan Kuala Tanjung menghadap langsung ke perairan Selat Melaka, yang termasuk jalur pelayaran internasional paling sibuk, serta memiliki kedalaman memungkinkan untuk disinggahi kapal-kapal besar.

Kuala Tanjung dirancang menjadi hubungan internasional Indonesia wilayah Barat,
 yang merupakan bagian dari disain program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Kabupaten ini sangat strategis dan jika semua sudah selesai dibangun, maka akan menjadi salah satu wilayah andalan Nusantara nantinya, " jelas Gatot.

Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung yang diperkirakan membutuhkan investasi senilai Rp 2 Triliun, sudah mulai dikerjakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, dengan pembangunan terminal curah cair untuk pemuatan minyak sawit mentah atau CPO (Crude Palm Oil) dengan nilai investasi sekitar Rp 570 miliar.

Keberadaan pelabuhan Kuala Tanjung ini menurut Gatot, nantinya akan menjadi penting bagi kebangkitan ekonomi, tidak saja bagi Batubara , namun juga Sumut, bahkan Indonesia.  [alf]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi