post image
Sutan Batugana
KOMENTAR
Tak terasa, Februari 2013 mendatang, genap tiga tahun, Sutan Batugana Siregar (SBS) menjabat sebagai Pj Ketua DPC Partai Demokrat Medan. Sebelum menjabat sebagai Pj Ketua, SBS adalah Koordinator Pemenangan Wilayah I Sumatera. Sutan menonaktifkan Denny Ilham Panggabean yang terpilih sebagai ketua dalam Muscab Partai Demokrat Medan pada tahun 2006.

Pemecatan dan kisruh PD Kota Medan tak lepas dari ketatnya persaingan menuju kursi Walikota Medan. Walaupun PD berhasil unggul dalam Pilkada Medan dengan kemenangan pasangan Rahudman- Zulmi Eldin, namun suksesi kepengurusan di tubuh partai tidak berjalan mulus.

Tercatat, sejak tahun 2011 silam, niatan untuk menggelar muscab sudah ditekadkan. Namun dari catatan yang ada, gelaran muscab selalu gagal dan tertunda dengan alasan yang beragam bijaknya.

Tapi ada keunggulan Partai Demokrat Medan adalah kepanitian muscab yang selalu siap sedia. Sejak tahun 2012, kepanitian sudah dibentuk, namun pelaksanaannya saja yang belum tepat waktu.

Berikut hiruk pikuk PD Kota Medan, tiga tahun terakhir:

12 Februari 2010

Denni Ilham Panggabean dinonaktifkan dari Ketua DPC PD Kota Medan. Pasalnya, pendaftaran Denni sebagai calon walikota Medan tersebut terjadi tanpa persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat.

"Untuk sementara ini posisi ketua DPC Partai Demokrat Kota Medan akan dipegang oleh saya, sebagai ketua pelaksana harian dan sekretarisnya akan diisi oleh Burhan Tampubolon, dan saya telah direkomendasikan oleh DPP," ujar Sutan Batugana, ketika itu.

24 Maret 2010

Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kota Medan mencopot Ketua Fraksi PD di DPRD Medan, Parlindungan Sipahutar, dan digantikan dengan Herry Zulkarnaen. Surat keputusan telah ditandatangani pelaksana tugas Ketua DPC PD Medan, Sutan Bhatoegana, Selasa 24 Maret 2010.

Kepada wartawan, awalnya Batugana mengaku tidak ada hal prinsip penyebab pergantian ketua fraksi tersebut, hanya penyegaran saja. Namun, ketika beberapa pertanyaan dilontarkan kepadanya, dia menyebutkan juga kalau pergantian itu buntut dari penonaktifan ketua dan sekretaris DPC PD Medan.

29 Juni 2010     

Ratusan pendukung Denni Ilham Panggabean, bertahan di komplek Gedung DPRD Medan. Pada pendukung berasal dari 16 Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Demokrat Kota Medan. Mereka menganggap, Denni Ilham Panggabean sebagai Ketua DPRD yang sah. Kader Demokrat itu juga menilai, upaya penggantian ketua dewan dari Partai Demokrat tidak demokratis.


20 September 2011

Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumut Drs Tahan Manahan Panggabean menegaskan paling lambat pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Demokrat Kota Medan dilaksanakan Oktober. "Ada delapan cabang lagi yang belum melaksanakan Muscab salah satunya adalah Kota Medan. Paling lambat pelaksanaannya Oktober ini,: kata Tahan kepada wartawab, Senin (19/9) di DPRD Sumut.

25 Januari 2012

PD kembali ricuh dengan adanya tudingan surat palsu perihal PAW anggota DPRD Medan. Menurut sumber di DPRD Medan, tanda tangan Sutan Batugana selaku Plt Partai Demokrat Medan, bukan ditulis melainkan dijiplak dengan cara discan.

"Ini bukan yang pertama, tapi ini yang kedua. Hampir sama kejadiannya, waktu pergantian Ketua DPRD Medan dari Deni Ilham ke Amiruddin. Mungkin saja arahnya, untuk mengacaukan Muscab Partai Demokrat Medan, yang katanya akan digelar Februari mendatang," ungkap sumber yang enggan disebutkan namanya tersebut.


22 Mei 2012

Ada kabar terganjalnya Muscab Partai Demokrat Kota Medan pada Mei 2012 disebut-sebut akibat menunggu keluarnya SP3 Rahudman Harahap.

Plt Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Medan, Bangun Tampubolon yang juga ketua panitia Muscab PD Kota Medan membantah mengenai molornya pelaksanaan Muscab disebut-sebut menunggu SP3 RH.

"Jadi tidak benar kalau kita menunda Muscab, apalagi disebut menunggu SP3-nya Rahudman Harahap agar bisa mencalonkan ketua dalam Muscab," tegasnya

20 Januari 2013

Sutan Batugana membatalkan pelaksanaan Muscab dengan alasan bahwa acara itu bukan Muscab melainkan pramuscab. Setidaknya acara selanjutnya akan digelar 10 hari mendatang. [rob]
 
 

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa