post image
KOMENTAR
Di tengah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, banyak hal yang bisa ditiru dari Rasulullah. Banyak karakter Nabi Muhammad yang bisa diteladani, terutama dalam kepemimpinan. Nabi Muhammad adalah sosok negarawan yang handal, dan mempunyai setidaknya empat karakteristik pemimpin utama yaitu benar (shidiq), bisa dipercaya (amanah), cerdas (fathonah) dan menyampaiakan (tabligh).

"Shidiq, satunya kata dan perbuatan. Amanah, dapat dipercaya, menjalankan apa yang menjadi tanggung jawabnya dan tidak korupsi atas amanah yang diberikan. Fathonah artinya cerdas, akurat dan solutif dalam mengambil kebijakan. Serta tabligh, menyampaikan kebenaran, bukan akrobat kata yang memanipulasi masyarakatnya," kata Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon, kepada Rakyat Merdeka Online beberapa saat lalu (Kamis, 24/1/2013).

Sosok Nabi Muhammad, lanjut Fadli,  juga merupakan sosok yang adil, egaliter, toleran, dan humanis. Nabi Muhammad  mewakafkan hidupnya bagi kemajuan peradaban umat dan dunia. Kepemimpinannya kemudian mampu membawa tatanan masyarakat sosial Arab kala itu menuju tatanan masyarakat yang sejahtera dan tenteram.

Karena itu, lanjut Fadli, momentum Maulid Nabi SAW ini harus dimaknai lebih fundamental, dan tidak hanya sebatas seremoni saja. Sehingga kelahiran beliau tak semata  sebagai kelahiran Nabi, namun kelahiran sosok panutan paripurna yang dapat diteladani.

"Pemimpin yang punya integritas akan diteladani oleh pengikutnya. Pemimpin yang korup mendorong perilaku korup pengikutnya," tegas Fadli, yang menulis buku Hari Terakhir Kartosuwirjo, sambil berharap Maulid Nabi Muhammad SAW ini  bisa mengingatkan semua pihak tentang tugas pemimpin untuk melayani, dan bukan minta dilayani atau dihormati.

"Pemimpin justru mengabdi pada rakyat yang dipimpinnya dan bukan sebaliknya. Dan, Partai Gerindra mengucapkan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bagi kaum muslimin di seluruh Indonesia," demikian Fadli. [ysa/rob/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas