post image
KOMENTAR
Kanselir Jerman Angela Markel mengatakan bahwa hingga hari ini rakyat Jerman masih memikul beban yang disebabkan kejahatan Nazi.

Hal itu disampaikannya lewat situs pribadinya dalam arangka memeringati pembebsan konsentrasi Nazi, Auschwitz.

"Kami tak melupakan bab gelap sejarah, dan kami selalu mengingatnya, untuk membuat kami kebal, sehingga negara kami takkan pernah mengulanginya lagi," kata Merkel sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Ia juga menyeru semua orang Jerman agar memastikan bahwa rasisme dan anti-Semitisme tak lagi memiliki tempat di negeri tersebut.

"Kami harus dengan jelas mengatakan, generasi demi generasi, dengan keberanian, keberanian warga sipil untuk bangkit membela kepercayaan setiap orang, sebab masing-masing orang dapat memastikan bahwa tak ada lagi rasisme dan anti-Semistisme," tambah Merkel.

Pemerintahan Nazi Hitler memang menimbulkan kepedihan bagi warga Jerman sendiri. Hampir seluruh rakyat Jerman mengutuk kanselir Jerman yang menyulut perang dunia kedua itu terjadi. Namun, di luar rakyat yang membencinya, Nazi juga memiliki pendukung yang masih hidup di Jerman hari ini. Kelesuan ekonomi yang diderita eropa semakin menguatkan kemunculan para pengagum cita-cita Nazi. [hta]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa