post image
KOMENTAR
Ronaldo yang dikenal sebagai pemain kuat dan bermotivasi tinggi selalu bermain atraktif di setiap pertandingan Piala Eropa 2016, begitu juga dengan pertandingan final melawan Perancis. Karakteristik yang dimiliki Ronaldo tersebut tentunya akan menjadi sebuah keuntungan untuk tim Portugal sekaligus perhatian penting bagi tim Perancis.Praktis Ronaldo menjadi magnit dalam partai puncak Piala Eropa 2016.

Portugal yang tidak terlalu diunggulkan untuk menjadi jawara Piala Eropa 2016 harus menerima ketegangan dan kecemasan di seperempat pertandingan final melawan Perancis tersebut. Pasalnya, Ronaldo yang memiliki peran vital dalam tim harus istirahat dini disebabkan cedera pada lutut kirinya setelah dihantam oleh pemain Perancis bernomor punggung 8, Payet.

Namun jalannya pertandingan setelah Ronaldo keluar justru di luar prediksi. Dengan keluarnya Ronaldo yang diprediksi menjadi kelemahan Portugal dan keuntungan Perancis tidak terwujud. Portugal justru bermain dengan strategi yang lebih variatif dan efektif. Dibuktikan dengan adanya tendangan dan sundulan bola yang lebih produktif dan membahayakan dari para pemain Portugal ke gawang kiper Perancis, Hugo Lloris.

Sebaliknya, Perancis malah terlihat lebih kewalahan. Pemain belakang Perancis yang semula hanya terfokus pada pergerakan Ronaldo dipaksa bermain lebih hati-hati sebab bola dapat datang dari mana saja menuju gawangnya.

Kewalahan yang dialami Perancis menemui puncaknya setelah striker Portugal bernomor punggung 9, Eder berhasil menggiring bola ke depan gawang Hugo Lloris dan kemudian melesatkan tendangan tajam menuju sudut kiri gawang. Saat Eder menciptakan gol, pemain belakang dari Perancis tidak melakukan penjagaan yang ketat, tidak seperti ketika menjaga Ronaldo.

Fakta jalannya pertandingan tersebut menjadi bukti betapa pentingnya sosok Ronaldo dalam laga final Piala Eropa 2016 meski ia tidak bermain penuh. Fakta lainnya yang menunjukkan bahwa Ronaldo memang menjadi sosok penting adalah bentuk motivasi yang diberikannya kepada rekan satu tim, langsung dari pinggir lapangan, dan hal tersebut menjadi pemandangan yang langka dalam sepak bola.

Setelah Ronaldo mendapatkan perawatan atas cidera lutut kiri yang dialaminya, hingga akhir pertandingan Ronaldo tak henti membantu Fernando Santos dalam memberikan motivasi untuk mempertahankan gol dari Eder.  

Selain itu, kenyataan bahwa Ronaldo adalah sosok penting diungkapkan oleh Eder. Eder mengatakan dirinya tidak akan mampu mencetak gol jika Ronaldo tidak memberinya semangat.

"Cristiano berkata bahwa aku harus mencetak gol. Ketika saya masuk , saya mendapatkan energi dalam pertandingan. Itu berkat Cristiano," kata Eder seperti dilansir mirror.co.uk. [sfj]
 


 

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga