post image
ilustrasi di Irak
KOMENTAR
Serangkaian ledakan di seluruh penjuru Irak telah menewaskan sedikitnya 26 orang pada Jumat (8/2/2013).

Dua bom meledak di sebuah pasar burung di Khadumiya, Baghdad utara yang mayoritas warganya Syiah. Ledakan ini menewaskan 16 orang dan melukai 45 lainnya, menurut sumber-sumber keamanan dan medis. Serangan diduga sengaja ditargetkan pada hari Jumat karena pada hari tersebut pasar burung di Khadumiya ramai dikunjungi orang.

"Saya datang ke pasar burung setiap hari Jumat untuk menjual dan membeli burung. Tetapi hari ini, saya telah kehilangan burung dan banyak teman-teman saya," Waleed Salman, 28, mengatakan sambil berbaring rumah sakit setelah ia terluka di kakinya akibat pengeboman itu, seperti yang dikutip Voanews (Sabtu, 8/2).

Di hari yang sama dua bom mobil juga meledak di Provinsi Hilla, satu bom meledak di tempat parkir dan satu bom lagi meledak di sebuah pasar di wilayah Shomali. Petugas keamanan mengatakan bahwa bom ini telah menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai 40 lainnya.

Pemboman ini terjadi di tengah memburuknya ketegangan sektarian antara Sunni yang beroposisi dan Perdana Menteri Nuri Kamal al Maliki, seorang Syiah. Pihak oposisi menuduh bahwa Maliki dan blok politiknya berusaha untuk memonopoli kekuasaan sebelum pemilu tingkat provinsi yang akan diselenggarakan pada bulan April mendatang digelar. [ian/rmol/rob]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam