post image
KOMENTAR
Artika, satu-satunya kondom buatan dalam negeri yang di produksi oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), memang terasa asing di telinga. Kendati begitu kondom dengan empat jenis varian ini penjualannya mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, meskipun kapasitas industrinya belum mencapai 900 ribu gross.

"Laporan terakhir ada kenaikan penjualan, tahun 2012 kami memproduksi 471 ribu gross atau 51 ribu gross dari anggaran," ujar Humas RNI, Budi Perbawa Aji, Rabu malam (13/2/2013).

Salah satu pemesan terbanyak Artika yakni pemerintah, yang kemudian digunakan untuk melakukan kampanye atau sosialisasi kondom serta program keluarga berencana (KB).

Budi mengakui secara komersial penjualan kondom Artika tidak sebesar merek kondom lain, sebut saja Durex, Sutra, dan Fiesta. Hal itu terjadi karena pangsa pasar pemerintah masih terbilang kecil. "Pasar pemerintah marginnya sangat kecil, berbeda dengan pasar ritel dengan berbagai merek kondom," paparnya.

Untuk itu, pihaknya tahun ini akan siap bersaing kembali dengan merek-merek kondom lainnya. "Nanti akan banyak perubahan, termasuk dari kemasan akan kita perbaharui. Bulan ini kita sedang cari icon," jelas Budi.

"Insya Allah bulan Maret bisa launching," imbuhnya.

Seperti diketahui, PT Mitra Rajawali Banjaran (PT MRB) merupakan salah satu anak usaha PT RNI di bawah naungan BUMN, yang merupakan satu-satunya produsen kondom resmi dalam negeri dan pernah mengekspor produk kondom ke beberapa negara di dunia, seperti Dubai, Iran, Brasil, Filipina, Singapura, dan satu kali ke Papua Nugini. Dari sekian banyak negara, Singapura merupakan negara paling banyak memesan sekira 10.000 gross per tahun.
 
Kondom buatan PT. MRB yang bermarkas di Banjaran, Bandung, Jawa Barat ini menggunakan bahan lateks terbaik dan diproduksi menggunakan mesin teknologi modern dari Jepang. Artika sendiri merupakan kepanjangan dari (Arti Sebuah Kasih Sayang). Artika terdiri dari empat jenis varian yakni, Artika Long Love, Artika Meoong dan Artika Extra Save.

Artika Long Love merupakan kondom dengan kualitas tinggi dengan penambahan gel tahan lama, yang akan memperpanjang kenikmatan hubungan. Artika Meoong merupakan kondom tipis yang dibaluri minyak khusus, pemakainya serasa tidak menggunakan kondom, memberi kenikmatan aslinya.

Kondom Artika Tiger merupakan kondom dengan bentuk berulir dan tampillan yang menarik untuk pasangan yang menginginkan kepuasan. Kondom Artika Extra Save merupakan kondom tipis dibaluri minyak khusus dengan variasi aroma : strawbery, vanila, coklat, pisang dan apel. Pemakainya serasa tidak menggunakan kondom, memberi kenikmatan sensasional. [rob/jpnn/rmol]
 

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi