post image
KOMENTAR
Entah ada hubungannya dengan kunjungan Presiden SBY ke Jerman awal Maret lalu, kini Sumut mengundang para investor Jerman agar berinvestasi di Sumut terutama di bidang pelabuhan. Namun Jerman sepertinya lebih tertarik bisnis otomotif.


"Kita mengundang investor Jerman agar bisa berinvestasi di Sumut. Dengan begitu kita harus  memberi keyakinan kepada mereka. Sebelumnya kita sudah bertemu dengan duta besar China,'' kata Sekda Provsu, Nurdin Lubis hari ini, Rabu (20/3/2013).

"Kami berharap investor Jerman bersedia menjalin kerja sama dengan Sumatera Utara, pemerintah yang mengadakan kerjasama dan swasta yang menjalankan proyeknya," ujar Nurdin.


Hal itu disampaikannya terkait kunjungan Duta Besar  Jerman, Georg Witschel ke Pemprovsu yang berlangsung di Ruangan Sekda provsu lantai IX.

Menurut Nurdin Jerman spesialisasinya pelabuhan dan Sumatera Utara sudah siap untuk bekerjasama dengan mereka.

"Karena itu kita jual di sini Pelabuhan Belawan Sei Mangkei, Pelindo dan pelabuhan Belawan, kawasan Industri Kuala Tanjung yakni, pelabuhan Kuala Tanjung," tambahnya.


Namun, dari pembicaraan itu, Dubes Jerman terlihat lebih tertarik dari segi industri otomotif Volks Wagen ketimbang kerjasama dalam segi pelabuhan.

"Jika ingin investasi di Indonesia, terutama Sumut, mudah-mudahan menarik kami akan coba berusaha lebih ke arah industri volks wagen dan labuhan," ujar Dubes melalui juru bicaranya, lilik darmadi. [ans]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi