post image
KOMENTAR
Bus kampus gratis di Universitas Sumatera Utara (USU) pendanaannya telah dianggarkan pada tahun 2012 di dalam proyek USU ASRI senilai Rp1 miliar. Anggaran itu untuk membangun 14 titik halte yang tersebar di penjuru kampus tertua di Sumatera itu.

Di dalam Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan USU, pengadaan bus kampus itu ditampung di unit kerja USU ASRI pada tahun 2012.

Selain, bus, USU ASRI juga mengelola beragam pengadaan diantaranya:

Pembangunan Gedung Perkuliahan di Lingkungan Kampus USU Rp 37 miliar,
Pembangunan Gerbang Utama Kampus USU (Pintu 2 & 3) Rp3 miliar,
Pemeliharaan Gerbang Pendukung Kampus USU (Pintu 1 & 4) Rp1 miliar
Pembangunan Gedung Unit Layanan Mahasiswa Rp2 miliar
Pembangunan Halte Bus Komuter di Lingkungan Kampus USU Rp1 miliar 
Pengadaan Jaket Almamater untuk keperluan Mahasiswa USU Rp1.2 miliar
Perbaikan Drainase Lingkungan di Lingkungan Kampus USU Rp2 miliar
Pengadaan Bandwidth Internet Rp2 miliar

Sebelumnya, Penyediaan layanan bus kampus tersebut merupakan program USU Asri yakni merupakan program andalan universitas yang dinilai mampu memberikan inisiasi awal pengembangan universitas menuju cita-cita "national achievement with global reached" dan akan berkelanjutan hingga tahun 2015.

"Ini adalah salah satu sarana penunjang demi peningkatan pelayanan kepada mahasiswa. Pelayanan bus kampus lintas USU 2013 ini mulai beroperasi, Sabtu (9/3)," kata Pembantu Rektor II Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Dr Armansyah Ginting, di Medan.

Awal tahun 2013 ini tambahnya, sebagai tahapan awal disiapkan branding dan signage
pemberhentian bus yang difungsikan sebagai halte pada beberapa tempat tersebar di lingkungan kampus USU Padang Bulan dalam melayani transportasi internal terutama mahasiswa di dalam kampus secara gratis.

Pada tahap awal ini dipersiapkan dengan mengoperasionalkan sementara dua bus medium USU yang ada berkapasitas 30 tempat duduk dan diperkirakan bisa menampung 50 orang mahasiswa yang tersebar pada 14 titik, 12 titik halte reguler dan 2 titik halte khusus yakni di rumah sakit USU dan Fakultas Kedokteran.

Untuk waktu pengoperasiannya, diberlakukan, Senin sampai dengan Jumat pukul 7.30-17.00 WIB. dan Sabtu pukul 7.30-13.00 WIB. Dengan mengoperasionalkan dua bus saat peak hours, waktu tunggu bagi pengguna di setiap halte antara 10-15 menit antara bus 1 dan bus 2.

Sedangkan waktu berhenti pada setiap halte adalah 1 menit, dan diwajibkan untuk menggunakan halte sebagai tempat naik dan turun pengguna serta waktu tempuh rata-rata antara halte 1-3 menit. [rob]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam