post image
KOMENTAR
Putra-putri Indonesia yang ingin belajar di Jerman terbuka lebar. Pasalnya pemerintah negara itu kini memberi kemudahan. Syaratnya, calon mahasiswa harus menguasai bahasa Jerman dengan mahir.

Direktur Go Deutschland, lembaga konsultasi pendidikan Jerman di Indonesia, Annie Theodore mengatakan, Jerman sebagai negara demokrasi parlemen ini telah memiliki sekitar 370 universitas yang kualitasnya diakui dunia.

''Hampir semua universitas di Jerman biaya kuliahnya hanya 500 Euro atau Rp6 juta per semester. Harga itu setara atau bahkan lebih murah dari biaya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia,'' ujar Annie saat jumpa pers 'Harga Kuliah di Jerman Setara dengan PTN' di FX Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Pengeluaran yang paling besar, lanjut Annie, untuk biaya hidup dan sewa asrama sekitar Rp6-7 juta per bulan. Agar bisa berkuliah di Jerman, calon mahasiswa Indonesia harus lolos seleksi untuk menjalani masa studien college (pra universitas) selama satu tahun.  Selama menjadi studien college, pihak universitas tidak memungut biaya.

Marketing Go Deutschland, Keke Azka menuturkan, dari hasil studi Go Deutschland, biaya kuliah di Indonesia semakin mahal untuk jurusan-jurusan eksakta, terutama Fakultas Kedokteran.

''Kasus ini berbeda dengan Jerman, biaya kuliah itu sama untuk semua jenis atau kelompok pengetahuan. Enaknya lagi, di tahun kedua mahasiswa bisa dapat beasiswa sehingga biaya kuliahnya bisa gratis,'' sambung Keke seperti disiarkan Rakyat Merdeka Online.

Untuk menjembatani putra-putri Indonesia yang berminat belajar di Jerman, Go Deutschland juga memberikan jasa konsultasi termasuk kursus bahasa Jerman.

''Kami akan berikan kursus bahasa Jerman selama dua bulan. Sehingga pada saat visa siap, calon mahasiswa sudah mahir berbahasa Jerman dan menguasai berbagai istilah bahasa Jerman yang nantinya banyak dijumpai selama studi,'' imbuhnya.

Tak hanya itu, Go Deutschland yang menjalin koneksi dengan sejumlah universitas ternama di Jerman ini, juga ikut memberi pembelajaran persiapan dasar tes masuk perguruan tinggi dan bagaimana menjawab tes agar lolos seleksi. [ans]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas