post image
KOMENTAR
Wali Kota Medan Rahudman Harahap meninjau pembangunan jembatan layang (fly over) di Jalan Jamin Ginting, Medan, Kamis (4/4/2013). Dari peninjauan ini, Rahudman menilai proses pengerjaan fly over yang dilakukan saat ini termasuk cepat.
 
"Rencananya, bulan ini kiri kanan jalan sudah bisa dipergunakan supaya full pembuatan tiang tengah. Sebab, titik fokus pembangunan fly over adalah tiang tengah. Saya berharap jangan ada lagi kendala-kendala yang dapat mengganggu kelancaran pembangunan fly over ini," kata Rahudman.
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh Wali Kota di lapangan, salah satu kendala yang mengganggu kelancaran pembangunan fly over tersebut adalah terjadinya kemacetan arus lalu lintas. Dan penyebabnya kemacetan itu adalah kehadiran sejumlah stasiun-stasiun liar di sekitar proyek.
 
"Untuk itu saya minta Satlantas Polresta Medan dan Dinas Perhubungan Kota Medan berkoordinasi untuk mengatasinya. Mulai besok stasiun-stasiun itu harus ditertibkan agar pengerjaan fly over ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," tegasnya.
 
Sementara itu, Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Metropilitan Medan Mula Tua Sinaga memprediksi pembangunan fly over Jamin Ginting tersebut kemungkinan besar akan selesai tahun depan.
 
"Jika tidak ada aral rintangan, pembangunan fly over jamin Ginting ini akan selesai Desember 2014. Kita akan terus bekerja keras untuk merealisasikannya," katanya saat mendapingi Wali Kota meninjau proyek tersebut.
 
Setelah selesai membangun fly over Jamin Ginting, Simpang Pos, kata Mula Tua, pihaknya akan membangun dua fly over lagi yakni fly over Pinang Baris, fly over Jalan Gatot Subroto persisnya persimpangan Jalan Asrama dan Jalan Ring Road (Gagak Hitam), ditambah underpass Titi Kuning di Jalan Brigjen Katamso.
 
"Untuk pembangunan underpass Titi Kuning kini dalam tahap studi, pemabngunan fly over Pinang Baris sudah dalam tahap desain. Sedangkan satu lagi yakni fly over Gatot Subroto sedang kita perjuangkan supaya bisa segera dibangun," papar Mula.
 
Rahudman menambahkan, Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan Medan Mula Tua Sinaga saat ini tengah memperjuangkan rencana pembangunan jembatan fly over di Jalan Gatot Subroto tersebut. Kemudian pembangunan fly over Pinang Baris dan underpass Titi Kuning.
 
"Rencana pembangunan itu tinggal menunggu persetujuan dari pusat. Untuk lahan lokasi pembangunan sudah tidak ada masalah lagi," jelasnya.
 
Sebelum melakukan peninjauan pembangunan fly over Jamin Ginting, Wali Kota terlebih dahulu meninjau Jalan Gatot Subroto, lokasi rencana pembangunan flu over tersebut. Di tempat itu dia memberikan gambaran terkait dengan pembangunan fly over yang akan diperjuangkan Mula Tua.
 
Rahudman meyakini bahwa kehadiran fly over Gatot Subroto itu nantinya akan mampu mengatasi kemacetan yang acap kali terjadi di kawasan tersebut. "Kita berharap upaya yang dilakukan Mula Tua membuahkan hasil. Saya yakin kehadiran fly over dan underpass yang baru nanti mampu mengurai titik-titik kemacetan yang ada di Medan," pungkasnya. [rob]


 

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi