post image
KOMENTAR
Meski Korea Utara telah mengumumkan perang dan tak menjamin keamanan warga asing yang berada di Korut, namun para staf kedubes berbagai negara menyatakan tetap berada di tempatnya.

Di Korea Selatan, retorika sekeras apapun dari Pyongyang tak mengubah ibukota Selatan, Seoul, yang tetap tenang. Lalu lintas juga berjalan normal seperti biasa, dan toko-toko sibuk pada hari Sabtu ini.

"Kami tak percaya ada misi asing yang meninggalkan Pyongyang," kata seorang pejabat Korea Selatan yang menolak jati dirinya kepada kantor berita Yonhap.

Pejabat ini mengatakan bahwa kebanyakan diplomat asing menilai pernyataan Korea Utara itu hanya untuk memanaskan situasi di Semenanjung Korea.

Kebanyakan negara tidak menganggap serius permintaan Utara untuk mengungsikan staf diplomatik asing itu, namun Rusia mengaku mempelajari secara serius permintaan Utara itu.

Situasi lapangan di Korea Utara normal dan tenang, kendati ketegangan memuncak di Semenanjung Korea dan ada peringatan Pyongyong kepada kedubes-kedubes asing untuk hengkang dari Utara.

Kesaksian ini disampaikan para turis dan pemandu wisata ke negeri tersebut, tulis kantor berita AFP, Sabtu.

Beberaja jam lalu Utara mengeluarkan peringatan bahwa mereka tak bisa menjamin keamanan kedubes-kedubes asing jika perang pecah.

Namun para turis tetap mengunjungi sebagian besar wilayah negeri terisolir itu, tetapi beberapa kelompok turis balik lagi ke Beijing Sabtu ini. [rob]
 

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa