post image
KOMENTAR
Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho mengatakan seluruh gubernur se-Sumatera telah mengirimkan rekomendasi guna mendorong pemerintah mengambil langkah-langkah mempercepat rencana pembangunan jembatan selat Sunda (JSS) yang menghubungkan Jawa dan Sumatera.

"Sudah dikirimkan rekomendasi yang berisi hasil pertemuan gubernur se-Sumatera kepada pemerintah pusat," kata Gubsu Gatot kepada wartawan, di Medan, Jumat.

Menurut Gubsu, rekomendasi yang dikirimkan sudah berbentuk final di dalam proposal yang konkret. Harapannya pemerintah segera menindaklanjuti hasil rekomendasi tersebut.

"Kami sudah bosan tanda tangani MOU (nota kesepahaman) ke sana kemari. Padahal, Sumatera ini memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional," ujar Gatot.

Gatot menambahkan, seluruh pemerintah dan masyarakat di Sumatera, sangat mengharapkan segera dibangunnya JSS tersebut. Sebab, kata Gatot, JSS akan memperlancar arus masuk keluar dari dan ke Pulau Sumatera.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak menambahkan, pihaknya hingga kini masih mengkaji secara mendalam mengenai teknik pembangunan struktur jembatan yang akan membentang sepanjang 29 km di Selat Sunda itu.

"Jika rancangan ini sudah selesai, itu akan segera di-Perpres-kan (dibuat peraturan presidennya)," ujar Hermanto.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa pernah mengatakan, pendanaan megaproyek jembatan Selat Sunda itu hanya dimungkinkan lewat investasi swasta karena dana investasi yang dibutuhkan sangat besar, yakni Rp 200 triliun. [rob]


Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi