post image
KOMENTAR
MBC. Enam siswa Madrasah Aliyah Negeri (Model) mengalami kesurupan saat mengikuti ujian nasional.

Kesurupan terjadi di akhir jam pelajaran pertama, saat enam siswa perempuan itu sedang mengerjakan soal ujian nasional (UN) hari terakhir pada mata pelajaran Kimia.

"Agar tidak merembet ke peserta yang lain mereka kami alihkan ke kelas lain, di lantai dua," kata Kepala MAN Model Bangkalan, Fathurrahman, Kamis (18/4/2013) di Bangkalan, Jawa Timur.

Dia menjelaskan kejadian itu sempat membuat panik peserta yang lainnya. Konsentrasi siswa sempat buyar karena tertuju pada enam orang siswa yang kesurupan.

Saat itu juga, pihak sekolah langsung mendatangkan "orang pintar" alias paranormal. Pada jam kedua mata pelajaran Biologi, kondisi siswa mulai membaik dan selanjutnya bisa mengikuti ujian mata pelajaran berikut.

Fathurrahman menambahkan, kasus kesurupan yang dialami siswa di sekolah itu merupakan kali pertama. Sebab sebelumnya siswa MAN Bangkalan tidak pernah mengalami kejadian seperti itu.

Dia menduga, kasus kesurupan terjadi karena kondisi keenam orang siswa dalam keadaan lelah, setelah semalaman belajar mempersiapkan ujian.

Apalagi, sambung dia, materi ujian pada pelaksanaan UN hari terakhir ini merupakan materi yang sangat berat, yakni pelajaran Kimia dan Biologi.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan AKBP Endar Priantoro sebagaimana disiarkan Rakyat Merdeka Online, mengatakan secara umum, pelaksanaan ujian nasional di Kabupaten Bangkalan sejak Senin (15/4) hingga Kamis (18/4) berlangsung dengan aman dan lancar.

Kasus siswa kesurupan di MAN Bangkalan tidak masuk dalam kategori gangguan yang sangat berarti dan selama ini memang sudah sering terjadi di sejumlah lembaga pendidikan di Kabupaten Bangkalan. [ans]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas