post image
KOMENTAR
MBC. Puluhan Elemen Mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) melakukan aksi saat hujan. Aksi itu digelar di depan gedung UMSU Jalan Mukhtar Basri Medan, Rabu (24/4/2013). Mereka menuntut melawan kapitalisme dan komersialisasi pendidikan di kampus UMSU. Aksi ini adalah sebagai pemanasan menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2013.

Koordinator aksi, Martin dalam orasinya mengatakan sebagai peserta didik pasti mahasiswa tidak bisa menolak bahwa tidak ada biaya pendidikan yang murah dengan biaya pendidikan yang mencapai jutaan rupiah, sementara tidak ada perbaikan kualitas pendidikan yang bisa melahirkan mayoritas orang-orang cerdas dan pintar, yang ada hanyalah minoritas orang pintar.

''Kita kaum terpelajar di hadapkan pada kenyataan bahwa tidak ada kesejahteraan di bawah sistem penindasan kapitalisme, jangan lagi kita sedia dan ikhlas di jadikan budak di negeri sendiri, karena kita adalah bangsa yang merdeka,'' teriak Martin.

Dalam aksi ini massa juga menuntut agar biaya pendidikan murah dan kualitas pendidikan yang memadai. Massa juga sempat meneriakkan bahwa, tidak ada sekolah murah dan orang miskin dilarang bersekolah.

"Belum lagi dengan rencana pemerintah (Mendiknas) yang akan menerapkan sistem uang kuliah tunggal atau biaya pendidikan dibayar lunas diawal sampai mahasiswa tamat," kata Martin lagi.

Dari amatan MedanBagus.Com, massa beraksi turun ke setiap fakultas di UMSU sambil meneriakkan orasinya secara bergantian. Massa pun tak lupa menyanyikan lagu perjuangan mahasiswa tindas kapitalisme dan juga meneriakkan berkali-kali yel-yel mereka.[ans]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa