post image
KOMENTAR
Harimau yang masuk ke kawasan Blok P area perkebunan PT Sumatera Jaya Agro Lestari (SJAL) kemungkinan sedang melatih anaknya berburu karena di sekitar tempat itu ditemukan banyak babi hutan.

"Beruntung harimau tersebut tidak ditembak atau dibunuh oleh masyarakat maupun pekerja di perusahaan itu karena cepat dilaporkan kepada petugas. Karena sudah masuk dalam pekarangan warga maka kita melakukan penanganan konflik antara manusia dan harimau dengan cara menghalaunya kembali ke hutan," kata Kepala TNKS Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah IV Solok Selatan, M Zainudin, Jumat.

Dia berharap jika masyarakat menemukan harimau di sekitar tempat tinggal maupun perkebunan segera dilaporkan ke petugas TNKS supaya cepat ditangani.

"Untuk perburuan harimau di daerah itu memang masih marak. Ini dibuktikan masih ditemukannya jerat yang dipasang oleh masyarakat," katanya.

Untuk jumlah populasi harimau di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebalat, Sumbar, diperkirakan 165 ekor.

"Jumlah harimau 165 ekor tersebut tersebar di seluruh wilayah TNKS, bukan hanya di wilayah IV," katanya.

Ia mengatakan, untuk wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah IV dan Kerinci, Provinsi Jambi, yang berbatasan langsung dengan Sumbar, diperkirakan jumlahnya 32 ekor.

Dia merinci populasi harimau di Solok Selatan, Pesisir Selatan dan Kerinci diperkirakan 22 ekor. "Sedangkan di wilayah Solok Selatan, Kerinci, Marangin Bungo 33 ekor dan di Sipurak Bangko 10 ekor," ujarnya.

Menurut dia, untuk wilayah Kerinci, Merangin, Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Musi Rawas dan Lubuk Linggau mencapai 95 ekor.

Dia mengatakan, berdasarkan rekaman kamera "trap" yang dipasang di SPTN IV terekam enam ekor di Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu.

"Untuk kamera `trap` di TNKS SPTN IV memang belum semua dipasang, tetapi dari hasil yang ditemukan di Muaralabuh diperkirakan enam ekor," ujarnya. [rob]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam