post image
KOMENTAR
Tingkat isian Garuda Indonesai rute Jakarta-Shanghai mengalami penurunan, menyusul merebaknya flu burung di Shanghai dan beberapa kota lain di China.

Ia mengemukakan tingkat isian Garuda Jakarta-Shanghai selama periode Januari hingga April tercatat 80 persen, sedangkan Mei diperkirakan turun menjadi sekitar 78 persen.

"Jadi tetap ada kenaikan tingkat isian di periode mendatang," ujar Manajer Umum maskapai Garuda Indonesia cabang Shanghai Sentot Mujiono di Beijing, Sabtu (27/4/2013).

Apalagi, lanjut Sentot, Pemerintah China sangat cepat dalam menangani jalur penyebaran virus tersebut.

Garuda Indonesia melayani jalur Jakarta-Shanghai setiap hari menggunakan Airbus 330-200 dengan kapasitas 222 tempat duduk.

"Dari tingkat isian sekitar 80 persen itu, 60 persen diantaranya merupakan penumpang yang berasal dari Shanghai / China," katanya seperti dilansir Antara.

Sementara itu, salah satu pasar yang menjual unggas di Shanghai diduga menjadi `sarang` penyebar flu burung H7N9 di China, demikian menurut penelitian terbaru.

Dalam penelitian tersebut, para ahli mengumpulkan 970 sampel dari berbagai pasar dan peternakan unggas di Shanghai dan provinsi Anhui di bagian timur China. Sampel tersebut di antaranya adalah air minum dan tanah dari area setempat dan bagian unggas itu sendiri.

Sebanyak 20 sampel positif terinfeksi virus flu burung H7N9, semuanya berasal dari pasar unggas di Shanghai. Sebanyak 10 persen sampel berasal dari ayam, tiga dari burung dara, dan tujuh dari lingkungan sekitar.

Sampai saat ini, tercatat 108 korban virus flu burung H7N9 di China dan 22 diantaranya meninggal dunia. Hingga kini belum ada bukti kalau virus H7N9 bisa menular ke sesama manusia. [rob]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi