post image
KOMENTAR
Ketua KPU Sumatera Utara, Surya Perdana meminta agar petugas yang melakukan verifikasi faktual berkas dukungan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berlaku jujur dalam melakukan pekerjaannya.

Sebab verifikasi faktuan ini menjadi salah satu tahapan krusial yang menjadi penentu lolos atau tidaknya bakal calon DPD untuk maju dalam Pemilu 2014 mendatang.

"Harus jujur, kalau tidak ketemu ketika mendatangi warga pertama kali, ya coba datangi lagi besoknya, karena mungkin saja pas waktu itu memang lagi nggak tepat waktunya," katanya, Senin (27/5/2013).

Hal yang sama disampaikan komisioner KPU lainnya Bengkel Ginting. Ia mengatakan dalam beberapa kali tahapan verifikasi faktual di lapangan, mereka kerap menemukan adanya verifikasi yang dilakukan tidak sesuai prosedur. Dimana, dalam melakukan verifikasi faktual, petugas mengumpulkan masyarakat disatu tempat untuk mengecek kebenaran dukungannya. Padahal, hal semacam ini tidak sesuai aturan.

"Verifikasi faktual itu harus mendatangi rumah-rumah penduduk yang memberikan dukungan, kalau mengumpulkan di satu tempat itu namanya klarifikasi, harus diberdakan," sebutnya.

Diketahui, saat ini berkas dukungan bakal calon DPD sudah mulai diverifikasi faktual. Verifikasi tersebut akan berlangsung hingga 6 Mei 2013 mendatang. [ded]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa