post image
KOMENTAR
Gita Saraswati (17), mendapat kabar jika akhirya lulus UN setelah dihubungi Kepala Sekolah SMAN 15 Medan, Darwin Siregar, Kamis (30/5/2013) pagi sekitar pukul 09.30 WIB.

Saat itu dia mengaku sewot karena diminta untuk datang ke sekolah. "Ngapain lagi saya ke sekolah. Saya malu Pak," kata Gita.

Namun setelah diberitahu kelulusannya, Gita kaget. Dia masih tidak percaya. "Ngapain malu, kan sudah lulus UN," ujar Gita mengutip pernyataan kepala sekolahnya.

Mendengar itu, Gita langsung gugup. Antara percaya dan tidak percaya. Dia mengira pihak sekolah hanya menghiburnya saja, karena hari ini berita ketidaklulusannya menjadi headline di sejumlah pemberitaan media lokal dan televisi nasional.

Namun keyakinannya semakin kuat, saat wali kelasnya, Ibu Bangun, mengirimkan pesan singkat soal kelulusannya. Pesan itu diterimanya dua menit setelah ditelepon Kepsek. "Gita, datang kamu ke sekolah ya, kamu sudah lulus. Rupanya ada kesilapan. IBU Bangun"
 
Dihubungi MedanBagus.Com, Gita menceritakan perasaannya. Dia mengaku masih tak percaya mendapat kabar kelulusannya. Nada suaranya gugup. Bahkan sedikit terisak. "Saya gak menyangka bang. Kenapa bisa begini nasib Gita," katanya sambil menangis. "Mudah-mudahan ini betul. Bukan ecek-ecek," sambungnya.

Keraguan Gita cukup beralasan. Pasalnya, sejak pihak sekolah mengumumkan ketidak lulusannya Jumat (24/5/2013) lalu, dia sudah hampir putus asa. Bersama sang Ibu, Dian Permanasari, mereka mencoba mencari keadilan.

Mereka mendatangi pihak sekolah, Diknas Sumut dan Universitas Negeri Medan (Unimed) selaku panitia UN di Medan. Namun jawaban yang mereka terima selalu sama; Gita tidak lulus.

Nomor peserta ujian 01-015-228-5 itu masih tidak terima ketidaklulusannya. Apalagi dia dinyatakan tidak lulus disebabkan nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia hanya mendapatkan nilai 0,8.

"Saya tidak terima kalau nilai saya cuma 0,8, sementara saya saja masih ingat soal- soal ujian Bahasa Indonesia," ujar siswi yang beralamat di Bakti Indah IV no. 178 Kecamatan Medan Helvetia ini.

Tapi kemudian usaha Gita dan sang ibu membuahkan hasil. Kepada MedanBagus.Com, Kepala Sekolah SMAN 15 Medan, Darwin Siregar memastikan Gita lulus UN. "Gita dinyatakan lulus ujian nasional," ujar Darwin Siregar. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas