post image
KOMENTAR
MBC. Dua kuntum bunga rafflesia atau Rafflesia arnoldii akan mekar di kawasan Cagar Alam Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu.

"Bunga itu berdempetan, jadi kami sebut rafflesia kembar. Hari ini kelopak bunga mulai membuka," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu, Sofian Ramadhan, Jumat (31/5/2013).

Ia mengatakan di lokasi bunga mekar sudah dipasang spanduk yang memudahkan pengunjung untuk melihat keunikan bunga langka itu.

Dua pekan sebelumnya, satu bunga rafflesia dengan diameter 85 centimeter juga mekar sempurna hanya berjarak dua meter dari dua bunga yang akan mekar tersebut.

"Lokasinya sama, di liku sembilan hutan cagar alam. Tidak susah menemukan bunga, karena jarak dari jalan raya hanya 10 meter," tambahnya.

Sofian mengatakan, warga setempat yang menjaga bunga itu dengan sukarela sudah memasang pagar untuk mengamankan bunga dari tangan jahil manusia dan satwa liar yang terdapat di hutan itu.

"Kami prediksi mekar sempurna hari ini atau besok (Sabtu, 1/6) dan pengunjung masih bisa melihat bunga hingga empat atau lima hari ke depan," ujarnya.

Menurutnya, menemukan bunga rafflesia yang berdempetan dan mekar sekaligus adalah kesempatan langka. Biasanya hanya ditemukan satu kuntum, namun kali ini dua bunga mekar sekaligus dan termasuk langka.

"Kalau mekar satu-satu sudah sering ditemukan warga, tapi kali ini mekar sekaligus dua kuntum, sangat jarang," katanya.

Untuk menjangkau lokasi yang berjarak 44 kilometer dari pusat Kota Bengkulu, dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan lama perjalanan sekitar 60 menit. [rob]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ragam