post image
KOMENTAR
Bagi Anda yang memiliki hobi mengutak-atik gadget pada waktu menjelang tidur, waspadalah terhadap stres. baru-baru ini, penelitian tim Universitas Texas-Pan American, memaparkan hasil penelitiannya dalam pertemuan tahunan Asosiasi Ilmu Psikologi di Washington DC bahwa orang yang berselancar di dunia maya dua jam sebelum tidur memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak melakukan.

Seperti yang dilansir My Health News Daily, gaya hidup manusia modern yang melakukan aktifitas menjelang tidur dengan mengirim surat elektronik, menonton televisi, membaca buku, atau berolahraga sebelum tidur tidak menunjukkan peningkatan stres yang sama. Temuan ini bersifat asosiasi, bukan sebab akibat. Artinya ada kemungkinan orang yang stres menjadikan peranti teknologi sebagai pelarian sebelum tidur.

Sementara itu, studi sebelumnya oleh kelompok peneliti yang sama menunjukan perilaku berselancar di dunia maya mengirim surat elektronik, dan mengirim pesan layanan singkat sebelum tidur bisa menyebabkan insomnia. Gangguan tidur ini dapat meningkatkan stres. Jajak pendapat Yayasan Tidur Nasional di AS pada 2011 menemukan, 95 persen warga AS menggunakan peranti teknologi satu jam sebelum tidur.

Tak hanya itu, peneliti juga menyebutkan, cahaya yang dipancarkan gadget, baik computer jinjing, computer tablet, maupun telepon pintar dapat mengganggu tidur. Sementara itu, layar gadget memancarkan banyak cahaya biru yang menekan melatonin, hormon yang memengaruhi siklus tidur dan bangun seseorang. [hta]

Instagram Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental

Sebelumnya

7 Destinasi Wisata Alam Paling Mengesankan di Bali

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Lifestyle