post image
KOMENTAR
Kepala Bappenas Armida Alisjahbana merinci dua program utama sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Program pertama, Program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (PPPS), yang terdiri dari beasiswa siswa miskin, program keluarga harapan (PKH), dan beras miskin (raskin). Sementara itu, program kedua adalah program khusus, yakni Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan infrastruktur dasar.

Beasiswa siswa miskin ditingkatkan menjadi 16,6 juta siswa.

''Peningkatan unit cost per siswa per tahun masing-masing, Rp 450.000 per tahun untuk siswa SD/sederajat, Rp 750.000 per tahun untuk siswa SMP/sederajat, Rp 1 juta per tahun untuk siswa SMA/sederajat, ditambah bantuan buku, seragam, dan alat tulis,'' kata Armida.

Sementara PKH diberikan untuk 2,4 juta rumah tangga sangat miskin. ''Bantuannya ditingkatkan rata-rata Rp 1,8 juta per rumah tangga sangat miskin per tahun,'' katanya.

Terkait raskin, pemerintah memberikannya kepada 5 juta jiwa sasaran. Alokasinya pun ditingkatkan menjadi tiga bulan. ''Bantuan ini disalurkan pada bulan Juni dan Juli untuk penyesuaian dan menghadapi hari besar, dan bulan September untuk mengantisipasi masa paceklik,'' kata Armida seperti dikutip dari liputanbisnis.

BLSM diberikan kepada 15,5 juta rumah tangga sasaran sebesar Rp150.000 per bulan. ''Bantuan diberikan selama 4 bulan,'' katanya.

Total dana untuk BLSM mencapai Rp 9,7 triliun. Angka ini terdiri dari Rp 9,32 triliun. Selebihnya digunakan untuk biaya operasional pengiriman kartu.

Sementara itu, nilai bantuan infrastruktur dasar mencapai Rp 7,25 triliun. Hal ini mencakup program percepatan perluasan pembangunan sistem air bagi 1,6 juta penduduk dan perbaikan irigasi kecil untuk 4.000 desa.

BLSM itu sejak hari ini sudah dapat dicairkan sejak pukul 7 di kantor pos terdekat.[ans]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas