post image
KOMENTAR
Ditengah Presiden SBY melepas Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Asap akibat kebakaran hutan di Riau, kabut asap tebal justru menyelimuti Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Jalan SM Raja, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu, Selasa (25/6/2013).

Sampai siang ini, jarak pandang di jalan lintas Sumatera menuju Kantor Bupati Labuhan Batu itu berkisar 25-50 meter. Akibat kabut asap itu, pengemudi bus, truk, mobil pribadi dan sepeda motor terpaksa memasang lampu kenderaan.

Kabut asap juga menutupi sejumlah kawasan di kecamatan lain di yang berbatasan dengan Kabupaten Labuhan Batu. Seperti di Kecamatan Kota Pinang, Kecamatan Silangkitang, Kecamatan Torgamba di Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Rizal Ambarwulan, warga Rantau Selatan, mengatakan kota tempat tinggalnya tertutup kabut asap sejak pagi tadi. "Cahaya matahari tidak langsung menembus kulit karena terhalang kabut asap, jadi udara terasa gerah," kata kepada MedanBagus.Com sesaat lalu.

Sementara warga lainnya, Ulfah Khairani, juga mengaku kabut asap menyelimuti Kota Rantau Prapat. Bahkan kabut juga menutupi perladangan sawit yang berada di kaki Bukit Barisan.

"Rantau Prapat tertutup kabut asal tebal. Bukit Barisan di belakang rumah saya, sampai tidak kelihatan," jelasnya.  

Diketahui, pagi tadi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin apel dan melepas 3.049 personel satgas penanggulangan bencana asap yang akan memadamkan kebakaran hutan di Riau. Kegiatan ini dilakukan di Squadron 17 lapangan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta.

Pasukan yang diterjunkan akan ditugaskan menanggulangi kabut asap yang mengakibatkan negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura terkena dampaknya.

Satgas yang dikirim merupakan personel gabungan dari TNI AD, AL, AU, Polri, Kemenhut, BPPT dan BMKG. Sedangkan untuk mengawal akuntabilitas anggaran yang digunakan untuk kegiatan itu, Pemerintah mengirim petugas Bandan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP). [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas