post image
KOMENTAR
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di laman Antaranews, mengatakan para peserta konvensi calon presiden dari Partai Demokrat akan diumumkan pada akhir Agustus 2013.

"Peserta konvensi akan disampaikan kepada masyarakat luas pada akhir Agustus 2013 akhir bulan mendatang, Insya Allah komite akan mengumumkan siapa-siapa yang akan menjadi kandidat," kata SBY di hadapan para wartawan dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (7/7/2013) malam.

Dalam konferensi pers tersebut ia mengemukakan sistem konvensi bersifat semi terbuka, bisa berasal dari kader maupun nonkader.

Untuk penyelenggaraannya, ia mengatakan akan dibentuk komite konvensi yang akan menjaring para kandidat yang dipandang tepat. Komite ini akan dipimpin oleh tokoh dari Partai Demokrat dan tokoh independen serta bertanggungjawab kepada majelis tinggi partai.

Menurut dia, para kandidat yang diumumkan komite konvensi nantinya akan mengikuti seleksi kandidat dalam dua tahap.

Tahap pertama akan dilakukan dari September hingga Desember 2013. Dalam tahap ini, para kandidat akan dikenalkan ke masyarakat dan melakukan wawancara media yang diatur komite konvensi.

Pada tahap kedua, Januari - Mei 2014, selain melaksanakan kedua kegiatan sebelumnya, para kandidat juga akan diwajibkan mengikuti sesi debat.

Pemenang dalam konvensi tersebut nantinya akan ditentukan melalui survei, setidaknya dua kali oleh tiga lembaga survei independen.

Pemenang konvensi akan diumumkan komite konvensi ke publik pada Mei 2014 setelah pemilihan legislatif dan sebelum pemilihan presiden. [yhu]



Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa