post image
KOMENTAR
Omset penjualan kera putih (Simpai) di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, meningkat memasuki dan setelah lebaran Idul Fitri 1434 H.

"Perdagangan simpai menjelang lebaran hingga H+3 ini rata-rata sepuluh ekor per hari," kata seorang pedagang simpai Haris (35) di Jalinsum Lahat-Tebingtinggi," Minggu (11/8/2013).

Ia mengatakan, simpai itu didapat dari hasil pemburuan di hutan wilayah itu yang diambil rata-rata berusia satu bulan dan dijual Rp 200 ribu per ekor.

Ada juga simpai berumur dua bulan namun harganya lebih murah yaitu Rp 150 ribu, akan tetapi pembeli rata-rata membeli usia muda dengan harapan bisa dipelihara dalam jangka panjang.

Setiap hari menjelang lebaran terjual rata-rata di atas 20 ekor, sedangkan selama bulan Ramadhan hanya satu dua ekor karena peminatnya kurang.

Penjualan simpai itu merupakan salah satu mata pencarian warga Desa Petikal Baru dan Desa Lubuk Tumpang, Kecamatan Kikim Timur yang setiap menjelang lebaran pemburuan hewan liar itu meningkat.

"Kami menjual simpai untuk dijadikan sebagai suvenir para pemudik lebaran saat pulang kampung, bila hari-hari biasa penjualan itu tidak ada," katanya.

Hasil penjualan simpai setiap hari dibagi rata dengan kelompok. Di sepanjang Jalinsum Lahat-Tebingtinggi ada beberapa titik lokasi penjualan hewan langka itu.

Sementara itu, Koordinator Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kabupaten Musirawas Sapar Yasa mengutuk keras penjualan simpai itu karena keberadaanya terancam punah.

Ia mengakui, simpai memang belum masuk dalam daftar hewan langka yang dilindungi, namun keberadaaannya saat ini makin terjepit akibat kawasan hutan berkurang untuk ladang dan perkebunan besar.

Hewan itu, memang suka makan tanaman masyarakat seperti kacang-kacangan dan lainnya akibat habitatnya ladang pangannya sudah habis.

Sama hal dengan keberadaan harimau yang habitatnya sudah habis dan potensi makanannya berkurang, sehingga bila ketemu ternak masyarakat langsung disantapnya.

"Kami mengimbau Balai Konservasi Sumber daya Alam (BKSDA) wilayah Sumsel untuk mengamankan hewan itu dari ancaman kepunahan," ujarnya.[ant/hta]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi