post image
KOMENTAR
MBC. Menteri Koordiantor Perekonomian Hatta Radjasa dipastikan akan hadir membuka Pesta Danau Toba (PDT) kini Festival Danau Toba (FDT) yang akan diselenggarakan Minggu, 8 hingga Sabtu, 14 September 2013 di Kabupaten Samosir, selaku tuan rumah.

''FDT yang pelaksanaannya didukung oleh 11 kabupaten/kota yang tergabung dalam Lake Toba Regional Management kali ini sudah dirancang sedemikian rupa secara profesional bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,'' jelas Ketua Umum Nasional yang juga Bupati Samosir Mangindar Simbolon pada Press Conference yang digelar di Hotel Asean, Jumat (6/9).

Pembukaan FDT, lanjut Mangindar yang turut didampingi CHJ Gultom dari ASITA Sumut, dimulai pukul 14.00 WIB dengan menyajikan upacara tradisi sebagai peresmian dibukanya FDT berbiaya di bawah Rp10 miliar itu.

''FDT 2013 ini mengangkat keunikan budaya dan akan kawasan Danau Toba dengan kemasan festival budaya dan olahraga. Budaya yang disajikan berupa upacara tradisi, World Drum Festival, Glittering Lake Toba Concert, dan Karnaval Sigale-gale,'' jelas Mangindar.

Sementara, untuk olahraga yang akan dipertandingkan solu bolon, paralayang, dan berenang. Tak ketinggalan beberapa kegiatan pendukung turut dilaksanakan seperti lomba nyanyi, pameran pariwisata dan ekonomi kreatif, workshop, welcome dinner serta permainan tradisi.

Untuk tradisi drum chime atau drum melodi ini hanya ada tiga di negara, yakni, Uganda, Afrika Timur, Myanmar dan Indonesia dalam hal ini Batak. “kekayaan drum chime ini menjadi awal munculnya gagasan FDT 2013 menjadi tuan rumah World Drum Festival pertama di dunia.

''Karena yang tampil dalam festival drum ini merupakan maestro-maestro drum atau gendang nasional maupun internasional. Kolaborasi sepenuhnya para maestro itu bisa kita lihat saat penutupan nanti,'' jelas Mangindar seperti dikutip dari analisadaily.

Mangindar mengutarakan pada acara itu, akan dimeriahkan dengan Tor-Tor Cawan yang dibawakan 500 siswi yang sudah dilatih. Masing-masing mereka ada yang membawa dan memainkan 7, 5, 3 dan 1 cawan, hingga jumlah cawan sebanyak 3.000 buah.

''Penari ini akan membentuk formasi FDT dengan tor-tor cawan,'' cetusnya seraya menambahkan dalam acara itu akan disajikan pula ritual sulang-sulang kepada orangtua yang dilakukan oleh para pejabat. 

Selain, Hatta Radjasa, festival yang dulunya bertajuk Pesta Danau Toba yang kini pelaksanaannya dimotori Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif itu turut dihadiri Menteri lainnya seperti Menteri Kehutanan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Wakil Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Sapta Nirwandar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.[ded]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya