post image
KOMENTAR
MBC. Perkembangan ekonomi Sumut semakin pesat. Pasalnya Sumut sudah saatnya mengembangkan dunia industri. Jadi, wacana daerah ini  membutuhkan pelabuhan baru sudah menjadi kebutuhan mendasar menunjang ekspor-impor.

Di mana wacana pelabuhan baru ini akan memiliki fasilitas terpadu diantaranya industri dan pergudangan, depo kontainer, memiliki pembangkit listrik yang menggunakan bahan baku gas dan batubara. Perkantoran/niaga, galangan kapal, pegisian LPG dan SPBU, pengolahan limbah sendiri, kawasan perumahan.

Di mana untuk mendirikan pelabuhan terlengkap dan terbesar ini membutuhkan anggaran dana sebesar Rp11,8 U$D untuk mendirikan mega proyek tersebut.

''Kita juga tahu, bahwa ada sejumlah masalah di pelabuhan Belawan. yang sering dikeluhkan pengusaha salah satunya adalah Pendangkalan. yang penting bagaimana pelabuhan belawan dapat dioptimalkan serta diperbaiki. Urgensi terhadap bentuk kawasan pelabuhan yang baru memang cukup tinggi, terlebih bila belawan sendiri belum melakukan pembenahan yang signifikan,'' kata Pengamat Ekonomi SU/IAIN SU/LP3I Medan & Analis Ekonomi di salah satu sekuritas BUMN di Medan, Gunawan Benjamin sesaat lalu, Sabtu (21/9/2013).

Dia menjelaskan kapasitas produksi di Sumut bisa terganggu bila pelabuhannya masih terbelit masalah klasik.

''Kalaupun ada pihak swasta yang ingin membangun pelabuhan, saya menilai hal tersebut bisa menjadi kabar baik bagi industri di Sumut. Walaupun kesannya liberal, namun bila tidak ada pembenahan yang berarti maka tidak ada salahnya kita memiliki pelabuhan swasta.''

''Ada sisi positif dari liberalisasi sektor pelabuhan tersebut, yakni perusahaan-perusahaan BUMN mau tidak mau harus bersaing dengan pihak swasta. Ini akan memperbaiki kinerja BUMN pelabuhan itu sendiri,'' ungkapnya. [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi