post image
KOMENTAR
. Hujan lebat disertai angin kencang melanda Kota Medan dalam beberapa hari belakangan ini berpotensi terjadi hingga akhir Oktober. Untuk itu diimbau supaya warga lebih mewaspadai cuaca ekstrem ini.

"Musim hujan di wilayah Sumut sudah dimulai sejak September, sedangkan puncaknya pada akhir Oktober. Semakin tinggi intensitas hujan yang turun, sangat berpotensi akan terjadi angin kencang," ujar Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Sumatera, Hendra Suwarta, Sabtu (5/10/2013).

Dikatakannya, kecepatan angin yang dapat mencapai 30 knot berpotensi mengangkat atap rumah dan menumbangkan pepohonan.

"Untuk itu, masyarakat harus mewaspadainya. Begitu juga dengan para pengendara bermotor kita menghimbau jika turun hujan deras disertai angin kencang dan petir agar membatasi jarak pandang," katanya.

Dijelaskanya, angin kencang terjadi karena adanya gumpalan awan hitam (Cumulus Nimbus-red) biasanya hadir mengiringi turunnya hujan.

"Tingkat gesekan awan di langit yang beragam juga dapat menyebabkan petir. Semakin besar gesekan antara awan di langit, potensi terjadinya petir menyambar ke bumi juga semakin besar," katanya. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas