post image
KOMENTAR
Black Berry Mesengger (BBM) salah satumenjadi  fitur aplikasi yang paling diminati dan alasan dasar masyarakat untuk membeli smart phone BlackBerry sebagai ponselnya. Namun akhir-akhir ini, setelah tersedianya aplikasi tersebut di ponsel Android dan IOS, berdampak langsung kepada penjualan BlackBerry dipasaran.

Toko penjual handphone di sejumlah tempat perbelanjaan elektronika mengaku mengalami penurunan untuk item ini.

Seperti yang diakui Ana, salah seorang karyawan kios ponsel Pro One Cellular di Plaza Medan Fair. Menurutnya, akibat keberadaan aplikasi BBM pada Android, penjualan BlackBerry di tokonya mengalami penurunan.

"Ada penurunan sekitar 15 persen, tapi ya hanya pada BlackBerry yang fitur tinggi saja. Kalau yang seri lama masih tetap stabil," katanya kepada MedanBagus.Com, Minggu (27/10/2013).

Lanjut Ana, untuk dapat mengakses aplikasi BBM pada ponsel android, juga harus ponsel android yang terbaru. "Kalau yang lama kan nggak bisa, cuma yang baru saja. Jadi dengan tersedianya aplikasi itu yang terkena dampaknya pasar ponsel BlackBerry yang terbaru juga," tambahnya.

Hal senada juga diutarakan Umay, Team Leader Area Erafone. Rata-rata, terang dia, para pemilik dan karyawan toko sepakat bahwa penjualan ponsel BlackBerry saat ini mengalami penurunan, walaupun mereka mengklaim masih dalam katagori stabil.

"Penjualan BlackBerry masih tetap stabil. Tetapi memang ada penurunan sedikit ketimbang sebelum Android dan IOS dapat mengakses aplikasi BBM," terang Umay.

Penurunan penjualan itu bahkan menembus angka 10-15 persen. Dengan rata-rata perhari pada waktu normalnya sebanyak 20 unit ponsel BlackBerry dapat terjual. "Tetapi saat ini paling banyak hanya 15 unit. Soalnya setelah Android dan IOS sudah bisa mengakses BBM, konsumen lebih banyak beralih ke type Samsung, LG dan Apple. Selain itu, konsumen pun tidak perlu lagi harus memiliki dua unit ponsel saat masih memakai BlackBerry," jelasnya.

Sambung Umay, hal ini dikarenakan aplikasi pada BlackBerry hanya begitu-begitu saja. Sehingga masyarakat pun beralih kepada ponsel yang memiliki aplikasi yang lebih lengkap dan canggih apalagi setelah dilengkapi dengan aplikasi BBM yang sebelumnya hanya dimiliki BlackBerry saja.

"Untuk BBM sebenarnya sih, masih enak menggunakan BlackBerry ketimbang Android dan IOS. Tetapi itu pun pada ponsel yang terbaru seperti Q-ten, Q-Five, dan Z-ten, yang juga dilengkapi video call dan voice call," bebernya. [hta]

Instagram Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental

Sebelumnya

7 Destinasi Wisata Alam Paling Mengesankan di Bali

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Lifestyle