post image
KOMENTAR
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balai Besar Wilayah I Sumatera Bagian Utara memperkirakan, sepanjang bulan November intensitas cuaca khususnya hujan di kawasan Sumatera Bagian Utara terus meningkat. Hal ini dipengaruhi suhu dipermukaan laut yang meningkat.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Balai Besar Wilayah I Sumbagut, Hendra Suwarta mengatakan, dalam situasi ini yang perlu diwaspadai masyarakat, adalah datangnya banjir besar.

"Karena kondisi tanah yang jenuh akibat guyuran hujan di bulan lalu (September-Oktober), menyebabkan daya serap tanah terhadap air menjadi berkurang.  Tanah sudah tidak mampu lagi menyerap air hujan yang turun. Akibatnya air meluap dan membuat sejumlah sungai di Sumut tidak mampu lagi menampung debit air yang akhirnya melimpah keseluruh kawasan di sekitar lintasan sungai tersebut," jelas Hendra Suwarta kepada MedanBagus.Com, Jumat (1/11/2013) sesaat lalu.

Karena itu, BMKG Balai Besar Wilayah I Sumbagut mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi-potensi bencana alam seperti banjir, longsor, angin kencang dan petir.

"Daerah yang paling waspadai banjir adalah Kabupaten Langkat kawasan Bahorok, Kabupaten Nias kawasan Binaka, Kabupaten Tapanuli Utara, kawasan Camat Muara dan Kabupaten Tapanuli Tengah kawasan Pinag Sori," jelasnya.

Karena, jelaskan Hendra, daerah tersebutintensitas hujan cukup tinggi bisa mencapai 500 mili meter dalam 1 bulan.

Khusus untuk banjir yang akhir-akhir ini terus terjadi, Hendra berharap warga yang bermukim di sepanjang jalur lintasan sungai di Sumut agar lebih memperhatikan perubahan-perubahan air.

"Biasanya, air sungai akan berubah warna menjadi keruh, ketika debit air di hulu sudah melampaui batas serapannya," jelas Hendra mengingatkan. [ded]

Teks Foto: Seorang Staf BMKG Balai Besar Wilayah I Sumbagut, tengah menerangkan prakiraan cuaca melalui satelit pendeteksi cuaca di kantor BMKG Jalan Ngumban Surbakti. [Foto|Muhammad Rizki]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas