post image
KOMENTAR
Menteri BUMN RI Dahlan Iskan bersama Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, meresmikan dimulainya pengembangan Terminal Peti Kemas Belawan Paket II sepanjang 350 Meter, di Belawan International Container Terminal (BICT), Medan, Senin (18/11/2013).

Dengan pencanangan ini diharapkan pengembangan terminal yang sebenarnya sudah digagas sejak 2008 bisa lebih  mengalami percepatan. Jika sudah selesai terminal nanti tak hanya bisa menampung 2 juta peti kemas  per tahun tapi juga siap menampung kapal berbobot besar.

Peresmian proyek ini ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pemancangan pondasi oleh Menteri BUMN bersama Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi, Dirjen Pergubungan Dirut Pelindo 1,dengan disaksikan stakeholder lainnya.

Dahlan Iskan menjelaskan, pengembangan terminal tersebut merupakan bagian dari upayanya terus membenahi BUMN yang dipimpinnya. Apalagi menurutnya, proyek ini seharusnya sudah dimulai 2 tahun silam namun terkendala karena masalah pembiayaan yang bersumber dari loan luar negeri.

"Saya ingat 2 tahun lalu harusnya sudah dimulai, saya tidak ingin Pelabuhan Belawan seperti ini terus. Saya dapat laporan, pengembangan terminal lambat karena pakai dana pinjaman luar negeri. Padahal tahu sendiri prosedur pinjaman luar negeri butuh proses panjang,"tegas Dahlan yang khawatir jika terus lambat ditangani proyek terminal peti kemas akan jadi tidak relevan untuk menjawab kebutuhan pasar yang bergerak cepat.

Menurut Dahlan pengembangan terminal akan dibiayai 100 persen dengan dana luar negeri. Bank Mandiri sudah siap menggelontorkan dana untuk membiayai proyek ini hingga rampung.

Gubsu Gatot Pujo Nugroho berharap dengan pencanangan bersama Menteri BUMN ini bisa mempercepat proses pengembangan Terminal Peti Kemas Belawan yang sesungguhnya sudah direncanakan sejak 2008 silam.

Seperti diketahui, arus peti kemas di Pelabuhan Belawan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun sementara sarana juga prasarana yang tersedia masih terbatas.

"Dengan adanya percepatan ini tentu akan membuat pelabuhan peti kemas ini semakin kompetitif. Saya berharap teminal ini cepat selesai.Lebih cepat lebih baik," kata Gubsu saat memberikan sambutan. [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi