post image
KOMENTAR
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara masih menunda pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di 7 kabupaten yang menggelar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2013.

Padahal, dari 7 kabupaten/kota yang menggelar pilkada tersebut yakni Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Tengah, Batubara, Dairi, Langkat dan Deliserdang, hanya 2 diantaranya  yang masih bermasalah yakni Tapanuli Tengah dan Deliserdang.

Ketua KPU Sumatera Utara, Mulia Banurea menyebutkan, pihaknya masih membutuhkan koordinasi dengan KPU RI sebelum melaksanakan hal tersebut.

"Kami akan koordinasikan dulu ke KPU RI, apakah fit and proper test nya bisa didahulukan di 5 kauoaten atau tidak," katanya, Kamis (21/11/2013).

Mulia Banurea menyebutkan, kebutuhan untuk segera menetapkan 5 anggota KPU pada kabupaten tersebut sudah sangat mendesak. Mengingat tenaga mereka sangat dibutuhkan untuk pelaksanaan tahapan Pemilu Legislatif 2014 mendatang yang terus berjalan.  

KPU Sumut khawatir, lambatnya penetapan KPU di kabupaten tersebut akan berdampak pada kinerja mereka mempersiapkan tahapan Pileg 2014 di daerahnya
masing-masing.

"Idealnya disana sudah terbentuk, namun kan kemarin disepakati bahwa proses dalam 10 besar ini kan ditunda agar tidak mengganggu pelaksanaan Pilkada yang berjalan," ujarnya.

Koordinasi mengenai masalah ini akan digelar pada tanggal 26 Nobember 2013, saat Ketua KPU Sumut berangkat ke Jakarta menghadiri pertemuan dengan KPU RI. 

"Pas disana nanti saya sempatkan membicarakan hal tersebut," ungkapnya. [ded]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa