post image
KOMENTAR
Sebuah perusahaan baru di Finlandia, Jolla, meluncurkan smartphone pertamanya yang menjalankan satu platform baru, sistem operasi Sailfish.

Seperti yang dilansir BBC, Sailfish merupakan sistem operasi mengembangan dari MeeGo, platform yang dikembangkan Nokia, namun ditinggalkan sejak perusahaan itu mengadopsi sistem Windows Phone.

Jolla dalam laman resminya menyebutkan bahwa Sailfish merupakan sistem operasi mobile terbuka yang juga bisa menjalankan banyak aplikasi Android.

Pada 13 November lalu, Jolla mengeluarkan rilis pers dan mengatakan OS Sailfish telah terintegrasi dengan aplikasi peta Nokia HERE selain ribuan aplikasi Android yang disediakan oleh Yandex Store, sebuah toko aplikasi untuk Android.

Smartphone Jolla pertama menggunakan desain asli Finlandia, dengan tanpa tombol di bagian depan. Ponsel berlayar 4,5 inci IPS qHD Gorilla 2 Glass itu dilengkapi kamera 8MP pada bagian belakang dan 2MP kamera depan.

Kinerjanya ditunjang dengan 16GB RAM, 16GB kapasitas penyimpanan, dan baterai dengan daya cukup untuk 9 - 10 jam waktu bicara.

Ponsel itu memiliki dimensi tinggi 131mm, lebar 68mm, ketebalan 9,9mm, dan berat hanya 141 gram.

Jolla didirikan pada 2011 dan berkantor pusat di Finlandia. Laporan menyebut Jolla didirikan oleh para mantan pegawai Nokia. [ant/hta]

Instagram Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental

Sebelumnya

7 Destinasi Wisata Alam Paling Mengesankan di Bali

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Lifestyle