post image
KOMENTAR
Petani Indonesia tidak akan kompetitif tanpa proteksi yang memadai dari pemerintah.

Demikian disampaikan Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PKS Habib Nabiel Almusawa saat menanggapi pernyataan Menteri Perdagangan Gita Wiryawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/12/2013).

"Jangankan bersaing di tingkat global, di dalam negeri sendiripun petani kita akan kesulitan bersaing dengan produk impor. Hal ini terutama karena produk pertanian di luar negeri disubsidi secara luar biasa oleh pemerintahnya sehingga harganya kompetitif baik di dalam maupun luar negeri," paparnya.

Sebelumnya Gita dalam sidang Komisi IV mengungkapkan, setiap tahun pemerintah AS memberikan subsidi pertanian sekitar 100 dolar miliar/tahun kepada petani. Hal serupa dilakukan pemerintah Uni Eropa yang memberikan subsidi pertanian sebesar 80 miliar euro/tahun.

Nabiel menanggapi, para petani di negara maju sudah sangat efisien dalam berusaha tani. Sekalipun demikian, tetap saja mereka disubsidi oleh pemerintahnya.

"Bayangkan seandainya petani kita dibiarkan tanpa proteksi pemerintah, bisa habis mereka," tutur Nabiel.

Menurutnya, jumlah petani Indonesia cukup besar. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 tercatat ada 26,14 juta rumah tangga petani. Mereka itu, kata Nabiel, harus diproteksi agar bisa eksis, karena di atas punggung merekalah Indonesia mengandalkan swasembada pangan.

Ia mengakui bahwa selama ini pemerintah sudah memberikan proteksi kepada petani seperti pemberian berbagai subsidi, hibah alsintan, pembatasan impor dan sebagainya. Ke depan, tambah Nabiel, akan lebih baik bila ada subsidi harga, setidaknya untuk lima komoditas yang menjadi target swasembada.

"Jaminan harga beli dari pemerintah jangan hanya diberikan untuk pada beras dan kedelai saja, tetapi juga untuk jagung, tebu dan daging sapi. Intinya buat harga beli yang senantiasa menguntungkan bagi petani," pungkas Nabiel dalam keterangannya. [rmol/hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas