post image
KOMENTAR
Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara Peduli Sosial dan Pendidikan (MITSU-PSP), menyalurkan bantuan bagi warga  pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung yang berada di Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat.

Bantuan berupa peralatan sekolah, tikar, selimut, susu bayi dan kompor gas itu diserahkan Ketua Bidang Sosial MITSU-PSP Wagimin  dan Bendahara Kadir Gunawan serta Kepala Sekretariat, Irwan Y Arifin.

Bantuan tersebut diterima langsung para pengungsi disaksikan Sekretaris Desa Telagah Imran Tarigan dan perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNBP) Mardianto serta dan Istri Kepala Desa Ny Sitepu.

"Penyaluran bantuan sosial ini untuk meringankan beban para pengungsi. Dan itu sesuai dengan visi dan misi yang diemban MITSU-PSP selama ini," ujar Wakil Ketua MITSU-PSP, Sujanto Kosumo dalam keterangan yang diterima MedanBagus.Com, Kamis (5/12/2013).

Menurut Sujanto, bantuan yang diberikan pada akhir pekan lalu itu, sesuai dengan apa yang dibutuhkan para pengungsi.

Pasalnya, sebelum bantuan diserahkan, sejumlah pengurus MITSU-PSP telah melakukan survei dengan bertanya langsung kepada ara pengungsi yang berada di perbatasan Kabupaten Karo dan Kabupaten Langkat itu.

"Setelah melihat langsung kondisi dan kebutuhan para pengungsi Gunung Sinabung kami berkoordinasi dengan Posko Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNBP) Langkat untuk menyerahkan bantuan tersebut," tambah Ketua Bidang Sosial MITSU-PSP, Wagimin.

Sementara Irwan Y Arifin menjelaskan, jumlah pengungsi di Desa Telagah berjumlah 331 jiwa. Mereka berasal dari Desa Kabayaken, Kuta Rakyat, Sigarang-garang, Kuta Gugung dan Kuta Embelingi.

"Mereka bisa sampai ke lokasi pengungsian dengan berjalan kaki sepanjang 8 Km melewati hutan. Karena selain dekat, anak-anak mereka juga masih dapat bersekolah," bebernya.



Dijelaskan, penyaluran bantuan tersebut sesuai arahan Presidium MITSU-PSP Tansri Chandra, Juswan Tjoe dan Ketua MITSU-PSP Fadjar Suhendra. Jajaran pengurus lainnya Wakil Ketua Ardjan Leo dan Sekretaris Benny Mulyadi mengimbau kepada masyarakat yang memiliki rezeki lebih dapat turut serta meringankan penderitaan pengungsi yang saat ini tertimpa musibah, demikian Irwan. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas