post image
KOMENTAR
Pihak Jamsostek menyebutkan 1.096 orang pekerja organik dan lebih dari 5.000 orang lainnya yang bekerja pada mitra-usaha TobaPulp telah terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja.

Demikian dikatakan Kepala Cabang PT Jamsostek Pematang Siantar, Rasyidin SH saat bertemu dengan Komisi E DPRDSU dan juga manajemen TobaPulp (PT Toba Pulp Lestari,Tbk) pekan lalu.

Dalam keterangan yang diterima MedanBagus.Com, Senin (16/12/2013), kunjungan tim Komisi E bidang Kesra ke TPL guna mencari tahu kesiapan proses transformasi Jamsostek menjadi BPJS (badan penyelenggara jaminan sosial) ketenagakerjaan, mulai 1 Januari 2014.

Menurut Rasyidin, sejak TobaPulp berdiri hingga saat ini, jaminan sosial tenaga kerja bagi seluruhnya (pekerja dan mitra) telah berjalan. Pendapatan masing-masing pekerja dan juga mitra-usaha dilaporkan sebagai dasarnya.

"Hingga saat ini kepesertaan Jamsostek TobaPulp mencapai angka premi Rp350 juta setiap bulannya. TobaPulp juga mewajibkan para mitra-usaha perusahaan agar mendaftarkan para pekerjanya sebagai syarat untuk menjalin kemitraan-usaha. Ini sangat membantu kinerja Jamsostek," kata Rasyidin.

Peserta Jamsostek yang diikuti TPL meliputi jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan kematian. Sedangkan jaminan kesehatan tidak keseluruhannya diikuti, karena ada pemanfaatan sejumlah program kesehatan yang diberikan oleh pemerintah (Jamkesmas), sehingga tidak menjadi kewajiban peserta untuk mengikuti program jaminan kesehatan.

"Perusahaan sendiri ada menyediakan klinik kesehatan yang cukup baik," ungkap Rasyidin.

Di sisi lain, menurut  Rasyidin, para pekerja TobaPulp yang terdaftar sebagai peserta Jamsostek berhak mendapatkan bantuan pinjaman modal untuk uang muka mendapatkan perumahan.

Paserta Jamsostek berhak mendapatkan pinjaman dengan jumlah Rp20 hingga Rp 50 juta untuk kepemilikan rumah, dengan penghasilan minimal Rp5 juta per bulan. Untuk mendapatakan perumahan pihak Jamsostek bekerjasama dengan perbankan.

Merespons paparan Jamsostek itu, Ketua Komisi E DPRD Sumut, Brilian Moktar SE MM, memberikan apresiasi. Menurutnya, kepedulian dan tanggung jawab penuh perusahaan terhadap kesejahteraan para pekerjanya dan bahkan juga pekerja mitra usaha TobaPulp sangat membanggakan.   

Adapun anggota Komisi E yang berkunjung saat itu, yakni Sudirman Halawa SH (P Golkar), Hj Evi Diana (P Golkar), Ir John Hugo Silalahi MM (PD), Enda Mora Lubis SH (PD), Arlene Manurung SPd (PDS), Amsal Naution Beng (PKS), Andi Arba Sag (PKS), dan Ir H Syahrial Harahap (PAN).

Mereka didampingi Direktur TobaPulp, Drs Leonard Hutabarat, dan beberapa staf senior, diantaranya Lambertus Siregar dan Onggung Tambunan. [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi