post image
KOMENTAR
Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), menganugerahi penghargaan GPEI Award kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Tengku Erry Nuradi dan Pelaksana Tugas (Plt)Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin dan sejumlah tokoh lainnya yang dianggap berperan dalam mendukung pertumbuhan ekspor di Sumatera Utara (Sumut).

Penyerahan GPEI Award berlangsung usai Gathering Pelaku Usaha Medan-Sumut dan Dialog Perekonomian 2013 menyongsong 2014 di Hotel JW. Marriot, Jl. Putri Hijau Medan, Rabu (18/12/2013).

Hadir dalam acara tersebut Asisten Pemprovsu Hj Sabrina, Ketua Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), Konsul Jendral negara sahabat, Kepala Kantor Wilayah BRI Sumut, Pimpinan BUMN/BUMD, Ketua KADIN Sumut dan Medan dan pelaku bisnis lainnya.

Usai penyerahan sertifikat GPEI Award, Wagubsu Tengku Erry Nuradi mengajak pengusaha di Sumatera Utara (Sumut) meningkatkat nilai investasi dan membuka lapangan pekerjaan baru. Peningkatan investasi dan ketersediaan lapangan pekerjaan diharapkan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Sumut di masa mendatang.

Indikator pertumbuhan ekonomi adalah meningkatnya pendapatan perkapita penduduk. Penigkatan pendapatan perkapita penduduk salah satunya dipegaruhi oleh ketersediaan lapangan kerja dan terciptanya iklim usaha yang baik.

"Untuk mendukung hal itu, pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendorong pertumbuhan usaha dengan menyiapkan infrastruktur yang memadai," sebut Erry.

Dalam upaya penyediaan infrastruktur, pemerintah pusat dan Pemprovsu telah menyiapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke yang akan diikuti perluasan Pelabuhan Belawan, pembangunan Pelabuhan Kualatanjung dan pembangunan tol Trans Sumatera.

"Tetapi harus kita sadari, peran pemerintah hanya mampu mendorong laju pertumbuhan ekonomi sekitar 17%. Sedang pihak swasta berperan lebih besar mencapai 83%,” ujar Erry.

Sementara Ketua Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) Sumatera Utara, Khairul Mahalli mengatakan, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung seperti pengembangan KEK Sei Mangke, pelebaran dermaga Pelabuhan Belawan, pembangunan Pelabuhan Kualatanjung dan Tol Trans Sumatera secara signivikan akan mempengaruhi geliat pertumbuhan investasi di Sumut.

"Kebijakan pemerintah memang sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Apalagi didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana. Untuk itu, harmonisasi dan sinergi antara pemerintah dengan pengusaha terus dipupuk agar tercipta iklim usaha yang kondusif dan saling menguntungkan," sebut Mahalli. [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi