post image
KOMENTAR
Tahun 2014 akan membawa dampak positif bagi Kabupaten Batubara. Mulai berlakunya ASEAN Economy Community dan Pelabuhan Kuala Tanjung yang segera beroperasi dapat menjadi faktor pengungkit bagi kemajuan kabupaten tersebut. Tak hanya sektor industri, Batubara juga memiliki potensi pariwisata dan beragam kerajinan khas daerah yang bisa go internasional.

"Semua faktor di atas akan membuat hasil kerajinan daerah Batubara semakin dikenal oleh masyarakat dalam maupun luar negeri. Kondisi ini harus segera disiapkan Dekranasda dan PKK Batubara sebaik mungkin," kata Ketua Tim Penggerak PKK Sumut dan Ketua Dekranas Daerah Sumut Hj Sutiyas Handayani saat melantik Hj Khadijah Arya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara periode 2013-2018, di Aula Gedung Dekranasda, Jalan Simpang Dolog, Kabupaten Batubara, Selasa (24/12/2013).

Sutiyas menambahkan, Dekranasda sebagai organisasi mitra kerja pemerintah mempunyai misi untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa. Untuk tingkat lokal, itu tercermin dalam upaya melestarikan dan meningkatkan mutu produk-produk kerajinan seperti tenun, anyaman, ukiran kayu, kerang, batu cincin, keramik gerabah, bordir, sulam-sulaman, dan lain-lain.

Hal ini tentu harus dituangkan melalui program kegiatan baik melalui pembinaan pelatihan, promosi berbagai pameran dalam negeri dan luar negeri adalah hasil dari produk kerajinan daerah se-Sumatera Utara.

"Batubara itu sangat terkenal dengan tenunan songket sangat baik bila ke depan kita lebih kreatif dengan motif-motif baru. Maka perlu kita merangkul generasi untuk bisa mencipta kreasi baru tenun songket," papar Sutiyas.

Di sisi lain PKK adalah mitra pemerintah serta mendukung kegiatan pemerintah tak jauh beda dengan Dekranasda juga membina masyarakat mulai dari kalangan rumah tangga, hingga masyarakat serta ke tingkat pemerintahan.

Selain itu Dekranas juga merupakan salah satu wadah penopang untuk menumbuhkembangkan kerajinan dari IKM/UKM yang harus mendapat perhatian dari seluruh stakeholder khususnya pemerintah kabupaten/kota untuk men-support semua program kegiatan sehingga masyarakat dapat lebih maju sebagaimana diharapkan untuk berdaya saing dalam menghadapi ASEAN Economy Community 2014.

Lebih lanjut Sutiyas memberi harapan sangat besar kepada Khadijah Arya selaku Ketua TP PKK dan juga Ketua Dekranasda Batubara dengan pengalaman dan kepemimpinan pada periode sebelumnya. Karenanya Khadijah diharapkan bisa meneruskan prestasi bahkan membuat inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Hal senada disampaikan Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho yang menyampaikan hasil kerajinan dan potensi daerah lainnya ke depan akan makin maju dengan dukungan Pelabuhan Kuala Tanjung yang bertaraf international sehingga para wisatawan mancanegara bisa menikmati hasil-hasil produk Batubara.

Sementara untuk PKK sendiri Gubsu mengharapkan peran ibu PKK bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui program kegiatan PKK yang diharapkan dapat semakin meningkatkan kemandirian serta harkat dan martabat kaum perempuan.

Sementara Bupati Batubara yang kembali terpilih untuk periode kedua H OK Arya Zulkarnain dalam kesempatan itu juga berharap agar peran PKK dan Dekranasda lebih maju dalam pembinaan tak hanya di kalangan ibu rumah tangga juga di remaja. [ded|dito]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi