post image
KOMENTAR
Masyarakat dan kalangan dunia usaha Sumatera Utara kini bisa memantau harga pangan secara realtime dan akurat. Pantauan dapat dilakukan melalui website Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang diprakarsai Bank Indonesia Wilayah IX Sumut Aceh.

Adanya informasi harga ini diharap berperan menekan tingginya inflasi di Sumut. Peresmian website yang beralamat di www.hargasumut.org dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho di Bina Graha, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (22/1/2014).

Gubsu menjelaskan, website PIPS yang dikelola Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut ini bertujuan untuk memberikan informasi harga pangan dan komoditas pertanian sehingga masyarakat bisa memiliki informasi yang akurat untuk melakukan transaksi jual beli.

Website PIHPS jika diakses akan menampilkan 8 menu utama antara lain profil daerah, berita ekonomi, program pangan Sumut, peta komoditi, grafik harga dan produksi, harga hari ini, diskusi ekonomi dan informasi ekonomi, siklus panen dan informasi lainnya.

Website bernama SiHarapanKu (Sistem informasi Harga Pangan Komoditas Utama juga terdapat fasilitas sms gateway yang memberi layanan informasi harga komoditi (sms Harga) ,informasi produksi (sms produksi dan informasi antara petani dan pedagang (sms market) yang dapat diakses oleh masyarakat melalui sms ke nmr 0813 6200 6300.

Meski masih baru, Gubsu menambahkan PIHPS harus bisa memberikan akses informasi harga pangan yang terpadu kepada pelaku ekonomi khususnya di tingkat petani, sehingga sasaran menekan inflasi dan meningkatkan efesiensi perekonomian bisa tercapai.

"Untuk mewujudkan target ini, tentu PIHPS butuh peran serta bupati, walikota serta Disperindag kab/kota agar aktif mensuplai data secara akurat dan terus menerus. Karena sistem PIHPS ini nanti menginformasi secara harian sesuai dengan waktu format yang disepakati," tegas Gubsu. [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi