post image
KOMENTAR
Penerbit Quanta Jakarta (Elex Media-Kompas Gramedia Group) menerbitkan Novel Cinta Kala Perang karya Masriadi Sambo 17 Februari mendatang. Novel setebal 200 halaman itu bercerita tentang gadis di Aceh yang berjuang menyesaikan kuliahnya ketika perang masih melanda di provinsi paling ujung Sumatera tersebut.

Selain itu, dalam kisah tersebut diungkap juga bagaimana hubungan pribadi antara gadis Aceh (Tari) dengan militer yang bertugas ketika Aceh masih di landa konflik.

"Pesan moral yang ingin saya sampaikan dalam novel itu bahwa begitu susahnya untuk kuliah ketika konflik terjadi, novel ini bisa menjadi motivasi pada mahasiswa dan masyarakat di seluruh Indonesia tidak mudah menyelesaikan pendidikan di daerah perang," terang Masriadi Sambo dalam keterangannya kepada MedanBagus.Com.

Selain itu, sambung Masriadi, novel Islami tersebut juga mengungkap sisi lain konflik yaitu hubungan pribadi antara pasukan keamanan dengan gadis Aceh. Hal menarik lainnya, dalam novel itu juga dikisahkan tentang pekerja di lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang ikut membantu pemulihan trauma masyarakat Aceh yang terkena imbas konflik.

"Setting lokasi novel ini sekitar tahun 2004, jelang-jelang penandatanganan MoU antara Pemerintah RI dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Helsinki," ujarnya.

Dikatakan, novel itu juga untuk mengingatkan semua orang, bahwa perang tidak hanya mengakibatkan korban jiwa, tapi juga menyulitkan generasi bangsa sekolah, bekerja dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Sehingga, novel ini bisa dijadikan renungan untuk memupuk perdamaian yang telah berlangsung di Aceh.

Ditambahkan, saat ini buku tersebut dalam proses percetakan dan pada 17 Februari mendatang diperkirakan telah tersebar ke seluruh Toko Buku Gramedia dan jaringan Kompas Gramedia Group di seluruh Indonesia.

"Semoga pembaca menyambut positif hadirnya novel itu," pungkas Masriadi Sambo. [ded]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam