post image
KOMENTAR
MBC. Dalam 2 pekan terakhir ini, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Medan Kota, menemukan sejumlah indikasi 'money politic' yang melibatkan 6 orang calon legislatif (caleg) dari berbagai partai. Indikasi 'money politic' tersebut dilakukan dengan membagikan bingkisan berisi sembako yang dilengkapi dengan kartu nama sang caleg dan himbauan untuk mencoblosnya pada tanggal 9 April 2014 mendatang.

"Pembagian sembako tersebut dilakukan dengan bermacam cara, ada yang membagikannya pada perwiridan ibu-ibu, ada juga yang menggelarnya dengan sosialisasi pencoblosan dan kemudian memberikan uang kepada warga yang datang," kata Komisioner Panwascam, Abdul Manan, Rabu (2/4/2014).

Data yang didapatkan, caleg-caleg yang melakukan hal tersebut antara lain, Sutan Bathoegana dan Yusuf Siregar yang tercatat sebagai caleg Demokrat, kemudian Nurdin Tampubolon, Aman Situngkir dan Munawaroh yang tercatat sebagai caleg Hanura, serta August Napitupulu yang tercatat sebagai caleg PDI Perjuangan. Barang bukti yang dikumpulkan diantaranya bingkisan sembako berisi beras, minyak goreng dalam kemasan, gula pasir dan juga uang tunai Rp 50 ribu.

Seluruh barang bukti tersebut menurut Manan, akan diserahkan kepada Panwaslu Kota Medan untuk ditindaklanjuti.

"Karena disana yang ada Sentra Gakkumdu, kami hanya mengumpulkan bukti nantinya mereka yang memproses sanksinya," ungkap Manan.[rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa