post image
KOMENTAR
Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Tengku Erry Nuradi menyatakan Sumut siap menjadi etalase Indonesia bagian barat pada tahun 2018 mendatang.

Menuju kesana, sejumlah langkah telah dilakukan diantaranya penyiapan sarana dan prasarana infrastruktur sebagai pendukung laju perekonomian masyarakat.

Hal ini disebutkan Wagubsu Tengku Erry usai acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pengembangan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Hotel Grand Aston, Jalan Balai Kota Medan, Jumat (4/3/2014).

Menurut Erry, pertumbuhan ekonomi Sumut diatas 6 persen salah satu prestasi yang layak dibanggakan. Meski gitu, Sumut harus terus memacu diri agar pengangguran dapat ditekan dibawah angka 10,39 persen dan angka pengangguran di bawah 7 persen.

"Perekonomian di Sumut terus menggeliat. Apalagi dengan beroperasinya Bandara Kualanamu. Bandara terbaik di Sumatera ini akan bersinergi dengan kawasan industri di beberapa kabupaten lain," ujar Erry.

Erry optimis, Bandara Kuala Namo Internasional Airport (KNIA), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke di Kabupaten Simalungun, pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung dan pembangunan jan tol Medan menuju Tebing Tinggi akan mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi Sumut.

"Jika rencana pembangunan jalur kereta api dari KEK Sei Mangke terealisasi, dapat dibayangkan mudahnya transportasi pengiriman hasil olahan CPO dan turunannya. Belum lagi keberadaan jalan tol Medan menuju Tebingtinggi dan Medan menuju Binjai yang merupakan rangkaian proyek jalan tol Trans Sumatra, saya yakin perekonomian Sumut akan terdepan dibanding daerah lain. Itu artinya, Sumut menjadi etalase Indonesia bagian Barat. Ini luar biasa," pungkas Erry. [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi