post image
KOMENTAR

KPU Kota Medan menjadwalkan, pengurusan formulir A5 pindah memilih akan berakhir pada Sabtu (28/6/2014) mendatang. Namun demikian, sejumlah mahasiwa di Kota Medan mengaku belum mengetahui jadwal pengurusan formulir A5 pindah memilih tersebut termasuk batas akhir pengurusannya.

Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan, Ruben Panggabean mengatakan kondisi ini karena KPU Medan tidak maksimal dalam sosialisasi kepada mereka, termasuk melibatkan elemen gerakan mahasiswa kelompok Cipayung yang sebelumnya berharap ada kerjasama dalam menyosialisasikan tahapan Pemilu Presiden (Pilpres) terutama mengenai syarat untuk pindah memilih. 

"Kami tidak tahu kalau tanggal 28 Juni itu terakhir. Kami sayangkan sikap KPU Medan yang sebelumnya tidak kooperatif dalam sosialisasi. Padahal sudah kami tawarkan kerjasama dari organisasi kelompok Cipayung sebelumnya," kata Ruben kepada wartawan di Medan, Kamis (26/6).

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Umum  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan Mirza Zamzami yang juga tidak mengetahui bahwa batas waktu pengurusan formulir A5 adalah Sabtu. Banyak kawan-kawannya mahasiswa perantauan yang dipastikan tidak mengetahui hal itu. Sebab tidak ada informasi atau sosialisasi resmi yang disampaikan penyelenggara pemilu.

"Baru ini saya dengar bang. Kawan-kawan juga terkejut karena banyak yang belum mengurusnya," kata mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara (USU) yang baru saja selesai tersebut.

Atas kondisi ini, mereka khawatir sebagian besar mahasiswa akan golput karena faktor administrasi, bukan karena memang memilih untuk tidak berpartisipasi. Apalagi 80% anggota GMKI di Medan adalah mahasiswa perantauan dari luar kota dan provinsi yang umumnya ingin menggunakan hak pilih di Medan.

"Kalau seperti ini mereka berpotensi untuk golput. Harusnya KPU memberikan kemudahan,"ujarnya.

Mereka berharap ada kebijakan khusus dari penyelenggara pemilu untuk memperpanjang masa waktu pengurusan surat pindah memilih. Apalagi saat ini umumnya mahasiswa sedang sibuk mempersiapkan ujian akhir semester sehingga sulit untuk dating ke KPU Medan dalam waktu dekat.[rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa