post image
KOMENTAR

Berbagai kebijakan subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak akan memberikan dampak pada perbaikan kesejahteraan masyarakat, sepanjang sikap individualistis dalam penguasaan ekonomi belum terkikis ditengah masyarakat. Demikian disampaikan Pengamat Ekonomi, Universitas Negeri Medan, M Ishak, melalui pesan elektroniknya kepada medanbagus.com, Minggu (3/8/2014).

"Ini semua jadi persoalan sebab cara fikir kita yang belum mengarah pada perbaikan kondisi ekonomi secara merata," katanya.

Ishak menjelaskan, seluruh kebijakan subsidi yang dilakukan oleh pemerintah merupakan upaya bentuk penyebaran daya beli konsumen. Sehingga, jika pola ini dijalankan dengan benar maka penyebaran kesejahteraan masyarakat juga akan ikut meningkat. Pola inilah yang menurutnya belum dijalankan dengan benar sehingga kesejahteraan masih menjadi milik kaum tertentu saja.

Terkati pembatasan subsidi yang diberlakukan oleh pemerintah, ia memastikan hal tersebut akan berdampak langsung pada melemahnya daya beli konsumen. Sebab, mereka tidak akan mampu membeli BBM jenis solar non subsidi yang harganya pasti diatas solar bersubsidi. Hal ini juga menurutnya akan memicu adanya kenaikan harga kebutuhan lainnya.

"Sebab penentuan harga diwujudkan melalui mekanisme pasa," demikian M Ishak.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi