post image
KOMENTAR
Antropolog asal Universitas Sumatera Utara, DR Fikarwin Zuska mengatakan, ikatan kekerabatan berupa persamaan marga, seharusnya bisa membuat Agus Simangunsong, warga penderita penyakit diduga kanker mata, terdeteksi lebih awal. Dengan demikian, ia bisa langsung mendapatkan bantuan pengobatan.

Hal ini disampaikannya menanggapi, munculnya kasus warga pengidap penyakit diduga Kanker Mata bernama Agus Simangunsong, warga Jl. Jati III, Gang Ampera I, Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota yang sudah dalam kondisi memprihatinkan. Apalagi, diketahui dari daerah tersebut terdapat seorang anggota DPRD Medan, Parlaungan Simangunsong yang notabene berasal dari Dapil Medan I meliputi tempat tinggal Agus, dan juga tercatat sebagai pengurus organisasi Simangunsong Dohot Boruna Sumatera Utara.

"Harusnya sebagai anggota dewan dan sebagai pengurus Simangunsong Dohot Boruna, Parlaungan bisa menemukan Agus Simangunsong lebih awal," katanya, Jum'at (3/10/2014).

Ketua Departemen Antropologi FISIP USU ini menjelaskan, terpendamnya penderitaan yang dialami oleh Agus Simangunsong tidak terlepas dari longgarnya ikatan kekerabatan yang ada diperkotaan. Berbagai organisasi sosial yang muncul baik didasarkan pada ikatan marga maupun identitas lainnya seperti Simangunsong Dohot Boruna Sumatera Utara tersebut menurutnya hanya menjadi milik kaum elit saja.

"Ini kan organisasi yang dibentuk, ya memang tetap saja sifatnya menjadi elitis bagi jajaran pengurus maupun anggotanya. Bagi mereka yang miskin tetap saja terpinggirkan," ungkapnya.

Diketahui, Agus Simangunsong merupakan warga yang butuh pertolongan akibat penyakit diduga kanker ganas yang menggerogoti mata sebelah kanannya. Selama beberapa tahun, remaja penarik becak ini harus menahan sakit yang dideritannya karena tidak memiliki biaya untuk berobat padahal penyakit tersebut sudah membuat mata dan sebagian wajahnya memiliki luka menganga. Ia saat ini sudah mendapat pertolongan di RS Murni Teguh setelah dijemput langsung oleh Walikota Medan Dzulm Eldin dari rumahnya.

Parlaungan Simangunsong sendiri terlihat ikut dalam rombongan Walikota saat mendatangi rumah Agus. Mengaku mewakili pengurus Simangunsong Dohot Boruna Sumatera Utara, Parlaungan mengucapkan terima kasih kepada Walikota Medan.

"Selaku pengurus Simangunsong Dohot Boruna Sumatera Utara, saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Medan dalam hal ini Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Lurah Teladan Timur, yang sigap merespon laporan masyarakat terkait penyakit Agus Simangunsong," ungkapnya.[rgu]

Delapan Butir Maklumat KAMI

Sebelumnya

Universitas Pembangunan Panca Budi Adakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Pahlawan Kabupaten Batubara

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Opini