post image
kegiatan Pengabdian Masyarakat, di Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara/ Medanbagus
KOMENTAR

Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan telah mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat, di Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. Di dalam kegiatan pengabdian tersebut pemateri memaparkan tentang hasil penelitian dosen yang menjelaskan tentang teori gravity model dan kaitannya dengan ekspor. Adapun pematerinya adalah Dosen Ekonomi Pembangunan Universitas Pembangunan Panca Budi, didukung oleh Dosen Manajemen UNPAB dengan bidang keahlian Manajemen Keuangan. Judul dari pengabdian ini adalah Upaya Peningkatan Pemahaman Masyarakat tentang Teori Gravity Model di Desa Pahlawan Kabupaten Batubara.

Pada presentasi tersebut dipaparkan konsep gravity model, jumlah penduduk dan GDP. Dipaparkan pula tentang strategi perdagangan dengan melakukan inovasi produk yaitu dalam kaitannya untuk ekspor ikan. Selanjutnya dipaparkan juga tentang bagaimana perkembangan dan permasalahan ekspor khususnya ekspor ikan di Indonesia dan pengambilan strategi kebijakan untuk peningkatan usaha perikanan nelayan di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya pengabdian ini dapat meningkatnya pemahaman masyarakat tentangjumlah penduduk memprediksi ekspor dan meningkatnya pemahaman masyarakat tentang GDP memprediksi nilai ekspor. Selanjutnya meningkatnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat nelayan tentang pendekatan teori gravity model dilihat dari segi jumlah penduduk dan GDP memprediksi nilai ekspor, sehingga kemudian diharapkan para masyarakat nelayan mampu meningkatkan pemahaman mereka tentang analisis perdagangan. Kegiatan pengabdian ini nantinya yang dapat mendorong peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara.

(Note): Kegiatan ini telah selesai dilakukan sebelum kebijakan sosial distancing diberlakukan).

Penulis Merupakan Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Sosial Sains

Desak Sumut Segera Berlakukan PSBB, HMI: Jangan Anggap Enteng Nyawa Masyarakat

Sebelumnya

HMI Sumut: Pemerintah Buat Masyarakat Makin Panik dan Bingung

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Opini