post image
KOMENTAR
Pulau Salah Nama, sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Batubara memiliki spot yang baik untuk dijadikan objek wisata. Dengan jarak tempuh 145 kilometer dari Kota Medan, pengunjung sudah bisa dimanjakan dengan pemandangan yang eksotis di kawasan pulau yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar dan terletak di lintasan Selat Malaka.

Wakil Guberur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi MSi saat mengunjungi pulau tersebut mengatakan, Sumatera Utara sungguh kaya akan objek wisatanya. Sayang sekali jika tidak dimanfaatkan dalam rangka mempromosikan provinsi ini di mata dunia khususnya Indonesia.

 "Terumbu karang terlihat di bawah air. Pantai Pulau Salah Nama cocok untuk wisata snorkeling, diving atau scuba," sebut Erry saat speedboat yang membawa rombonggannya memasuki dermaga kecil Pulau Salah Nama, Minggu (19/10).

Erry menambahkan, Pulau Salah Nama merupakan mutiara Pemkab Batubara. Namun harus mendapat sentuhan konfrehensif dengan melibatkan berbagai kalangan mulai Academic, Bussiness, Government and Community (ABGC). Gabungan empat komponen tersebut diyakini dapat saling dukung dalam mendorong laju pembangunan suatu kawasan.

"Mengapa harus melibatkan akademisi, karena akademisi memiliki konsep. Para pebisnis memiliki modal, pemerintah akan membantu soal perizinan dan komunitas masyarakat akan membantu dalam bidang pemasaran sekaligus menjadi market. Jika keempat komponen bersinergi, saya yakin Pulau Salah Nama akan menjadi destinasi wisata unggulan Batubara," urainya.

Sementara itu Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain menjelaskan, Pulau Salah Nama mulai mendapat sentuhan pada 2010 lalu dengan mendirikan kantor BPBD dan Mess Pemkab Batubara di dua titik bersebelahan. Hanya dipisahkan ceruk bebatuan.

Kemudian pembangunan dilanjutkan dengan membangun Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan di sisi lain, sekitar 300 meter dari dua bangunan sebelumnya. Untuk mendukung upaya pengawasan keselamatan bagi para pengunjung, Pemkab juga menyiapkan Puskesmas dan kantor BPBD.

"Fokus utama pembangunan sekarang adalah penyiapan jembatan beton yang mengelilingi Pulau Salah Nama dan jalur panorama di bagian bukit," jelas OK Arya.

OK juga optimis, tidak hanya sebagai tempat mercu suar, Pulau Salah Nama berpotensi menjadi lokasi wisata di Kabupate Batubara. Selain didukung panorama yang indah, habitat burung laut, terumbu karang, ikan hias, Pulau Salah Nama juga memiliki sumur air tawar.

"Hanya saja pembangkit listrik masih menggunakan genset. Penginapan masih sebatas Mess Pemkab," pungkasnya. [hta]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ragam