post image
KOMENTAR
Efek erupsi Gunung Sinabung mulai dirasakan warga di luar Sumatera Utara. Akibat aktivitas pertanian di wilayah sekitar semburan debu vulkanik berhenti, harga sayur-mayur pun membumbung tinggi.

Di Propinsi Riau, harga cabai bahkan tembus Rp 100 ribu per kilogram. harga itu bertahan hingga sekarang.

"Seperti diketahui, bahwa hasil pertanian warga Sinabung di Tanah Karo dipasok ke berbagai wilayah, salah satunya Riau, termasuk cabai," kata Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo di Pekanbaru, Jumat (14/11).

Widodo mengatakan, kenaikan harga cabai di Riau dikarenakan rencana pemerintah untukmenaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

"Kenaikan ini lebih disebabkan gangguan distribusi seperti hasil pertanian Kabupaten Karo yang menyusut setelah letusan Sinabung," katanya.

Seperti yang dilaporkan Antaranews, kenaikan harga cabai merah terjadi di berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau termasuk di ibu kota Pekan Baru.

Untuk menghentikan kenaikan harga tersebut,  Pemerintah daerah setempat menyatakan akan segera membuka peluang impor cabai merah sebagai upaya memenuhi kebutuhan dan menyeimbangkan harga pasar. [hta]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi