post image
KOMENTAR
Sejumlah warga menemukan belasan bunga Rafflesia mekar di kawasan hutan di Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Meski bentuknya tidak jauh berbeda dengan bunga rafflesia pada umumya, namun ukurannya jauh lebih kecil dibanding rafflesia lain. Ukuran bunga ini biasanya hanya selebar telapak tangan manusia hingga ukuran sebesar piring makan.

Keberadaan bunga Rafflesia yang sangat mirip dengan Jenis Rafflesia Meijer ini membuat kawasan hutan tersebut dicadangkan oleh salah perusahaan yang mendapatkan izin pengelolaan hutan tersebut. Mereka menyebutnya sebagai kawasan Green Belt (Sabuk Hijau) yang tidak boleh dirambah.

"Disini bunga Rafflesia ini banyak tumbuh, semua ini pernah jadi tempatnya tumbuh," kata Staff Urusan Lingkungan, James Samser Sinaga yang mengawasi kawasan tersebut, sembari menunjuk sejumlah patok berwarna sebagai penanda lokasi tumbuhnya bunga tersebut, Sabtu (29/11/2014).

James menjelaskan, bunga yang sama mulai muncul sejak akhir tahun 2010 lalu dan hingga saat ini sering muncul. Hingga saat ini pihaknya sendiri belum mengetahui nama ilmiah dari jenis Rafflesia tersebut. Namun yang pasti menurutnya, pihak perusahaan sudah berkomitmen untuk menjaga kawasan tersebut sebagai lokasi penelitian untuk menambah kekayaan flora Indonesia.

Diketahui, terdapat sekitar 30 jenis Rafflesia di seluruh dunia, dimana 14 diantaranya ada di Indonesia.[rgu]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ragam