post image
KOMENTAR
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi  mengakui kualitas air minum hampir di seluruh daerah di Sumatera Utara sangat membutuhkan perbaikan. Hal ini disampaikannya saat pembukaan Pelatihan Manajemen Air Minum Berbasis Kompetensi  Tingkat Muda Angklatan 46 di Gedung Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Jl William Iskandar Medan, Minggu (15/3/2015).

Hadir dalam acara tersebut Ketua Lembaga Diklat Profesi Yayasan Pendidikan Tirta Dharma  PAMSI Jakarta Ir Rahmabudi MSi, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (DPD PERPAMSI) Sumut Zaharuddin Sinaga SE, Direktur Utama (Dirut) dan Manajemen PDAM se-Sumut.

"Tidak jarang kita mendengar keluhan masyarakat terkait buruknya kualitas air PDAM. Tetapi di sisi lain, kita juga tidak dapat berbuat banyak karena infrastruktur dan SDM sangat terbatas," sebut Erry.

Tiap PDAM di sejumlah Kabupaten/Kota di Sumut mengalami kendala masing-masing dalam menyiapkan air minum berkualitas, baik dari aspek operasional, keuangan dan administrasi. Dengan pelatihan tersebut diharapkan masalah yang sama tidak terulang kembali.

"Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyatakan apresiasi kepada PERPAMSI yang peduli akan peningkatan kualitas pelayanan PDAM di Sumut," ujar Erry.

Sementara Ketua DPD PERPAMSI Sumut, Zaharuddin Sinaga SE mengatakan, air adalah menyangkut hajat hidup orang banyak. Oleh karena itu harus mendapatkan perhatian serius.

"PDAM adalah penyelenggara utama. Itu artinya, PDAM harus terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Salah satunya dengan membekali diri dengan pelatihan," ucap Zaharuddin.

Peserta Pelatihan Manajemen Air dikuti seluruh Dirut dan Manajemen PDAM se-Sumut dengan jenjang Pratama, Muda, Madya, dan Utama. Kegiatan berlangsung selama sepekan.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi